Penerimaan Tamu Ambalan MAN 3 Banyuwangi

Gugus Depan Pramuka 10.301 10.302 pangkalan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Banyuwangi mengadakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA)yang bertema “Membentuk Generasi Hebat melalui Pramuka”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20-21 Juli 2019 di MAN3 Banyuwangi.Kegiatan ini diikuti oleh 329 peserta yang terdiri dari siswa kelas 10 baru MAN3 Banyuwangi. 

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghantarkan adik-adik dari Pramuka Penggalang menjadi Pramuka Penegak yang akan menjadi penerus Pramuka di MAN3 Banyuwangi,” kata Andriyan Agasuyasevy Marcello,pradana  Gugus Depan Pramuka 10.301 10.302pangkalan MAN3 Banyuwangi. 

Beragam kegiatan dilaksanakan pada PTA ini. Diantaranya pengenalanPramukaPenegak dan Pramuka di MAN3 Banyuwangi. Ada jugamateri dasar Pramuka Penegak sepertikode kehormatan,kesakaandan dewan kerja. Ada juga prosesi upacara adat sebelum melaksanakan prosesi upacara api unggun. 

Menurut Aam,sebenarnya kegiatan ini terjadwal bukan bulan ini. Atas permintaan dari Kamabigus Pramuka MAN3 Banyuwangi, dewan ambalan melaksanakan PTA bulan ini. “Harapan saya dari kegiatan ini adalah terbentuk generasi muda yang berkualitas melalui Pramuka. Untuk gudep MAN3 Banyuwangi semoga selalu menjadi pramuka yang aktif dan kreatif,” tambah Aam.

Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Depan Pramuka 10.301 10.302 pangkalan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Banyuwangi

Pembentukan sikap toleransi dan kekeluargaan ditanamkan pada kegiatan ini. “Yang saya dapat dari kegiatan ini adalah rasa toleransi, kekompakan, kebersamaan, kekeluargaan, persahabatan, kedisiplinan, dan rasa bertanggung jawab yang tinggi,” ujar Desy Fitriani, salah satu peserta kegiatan ini. 

Hal yang paling mengesankan dalam kegiatan ini, menurut Desy Fitriani, adalah kedisiplinan dan kekompakan dewan ambalan. “Terutama mengenai ibadah shalat dan kebersihan.Hal itu membuat saya ingin seperti kakak-kakak yang bisa membimbing adik-adik saya nanti,” tutur Desy Fitriani.

Penulis : Destyan Nico P 

Penyunting: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares