Upacara Adat Begalan Banyumas Sambut Kunjungan Pelatih Jatim

Benchmarking 83 Pelatih Pembina Pramuka Jatim ke Kwartir Cabang Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah disambut dengan upacara adat Begalan dan Cuci Tangan. Upacara adat penyambutan khas Banyumas itu dilakukan di depan pintu gerbang Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas, Jumat (5/7/2019). 

Rombongan Jatim yang terdiri dari kapusdiklatcab dan sekretaris, serta 17 orang pelatih daerah itu diterima oleh Ketua Kwarcab Banyumas Ka Achmad Supartono. Turut menyertai Kakwarcab Banyumas adalah Sekretaris Kwarcab Kak Agung, Kapusdiklatcab Kak Heri, Waka Binawasa Kak Adi Suroso beserta andalan,  pelatih dan DKC Banyumas.

Rangkaian dan perjalanan panjang  rombongan dari PUSDIKLATDA Jawa Timur ini dilakukan dalam rangka Benchmarking atau pengenalan dan silaturahmi anggota pelatih ke Kwartir Nasional di Jakarta serta ke Kwarcab Banyumas, dimana kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari dan dalam perjalanan pulang ke Jawa Timur singgah serta bersilaturahmi di Banyumas. 

Prosesi upacara adat Begalan dan Cuci Kaki Kwarcab Banyumas menyambut rombongan tamu pelatih pembina pramuka Jatim

”Kami maturnuwun dan hanya satu kata  wow. Penyambutannya bukan main. Ini adalah tampang dari Kwartir Cabang Banyumas. Saya lihat dari luar saja sudah degdegan. Kita belum masuk sudah dapat semuanya disana,” kata Kak Indawan, Kepala Pusdiklatda Kwarda Jatim dalam pembukaan. 

Intinya, menurut Kak Indawan, ada disana saat kesenian begalan digelar yaitu saat penjelasan falsafah Kudi. “Diujung itu adalah untuk menusuk dan membuat lubang. Itu artinya para pengambil kebijakan membuat lubang agar tetap bisa bergerak. Setelah itu di tengah-tengah yang tipis itu untuk menghaluskan, ngopeni dan memelihara. Ini falsafahnya cukup dalam,” jelas Kak Indawan.

Selain disambut dengan kesenian Begalan Banyumasan, rombongan dari Kwarda Jatim ini juga disuguhi pentas seni kentongan dari kontingen Banyumas yang akan mengikuti Kemah Budaya Pramuka se-Jawa di komplek Candi Prambanan, Klaten. Saat itu juga sedang latihan dan ketangkasan membuat pionering dari calon kontingen JAMDA Jateng yang sedang melakukan Training Center selama tiga hari.  

Aneka jajanan khas Banyumas semakin menyemarakkan pertemuan antar pelatih pembina pramuka Jatim dan Kabupaten Banyumas

Jajanan tradisional ala Banyumas juga disajikan. Ada mendoan, jalabia dan cenil yang menjadi hidangan cemilan disela-sela interaksi dan senda gurau para pelatih dari Jawa Timur dengan pelatih dari Kwarcab Banyumas. Rombongan pelatih Jawa Timur ini melanjutkan perjalanan pulang setelah berkunjung ke obyek wisata Baturraden dan Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor.

Penulis: Mochamad Zamroni 

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares