Lima Batu Bahaya Bagi Pramuka

Di mana pun, kapan pun, pramuka selalu bertindak dan berperilaku berdasarkan Satya dan Darma Pramuka. Itulah ciri khas pramuka yang kelak dapat menguatkan hidupnya sebagai manusia bahagia.

Namun, menjalani Satya dan Darma Pramuka tidaklah mudah karena banyak bahaya yang harus dihindari atau dilawan oleh seorang pramuka. Jika pramuka mampu menghindari atau melawan bahaya, hidup pramuka akan dapat mulus mencapai bahagia.

Apa batu bahaya bagi pramuka saat ini? Berikut batu bahaya bagi pramuka.
(1) Hoax
Hoax adalah informasi bohong yang sengaja dibuat untuk tujuan mencederai pikiran dan tindakan orang lain. Berita bohong atau palsu itu dikemas agar seolah-olah asli atau benar. Kepalsuan ditutupi dengan kepalsuan agar terlihat keasliannya. Hoax sangat bahaya bagi pramuka karena akan menjauhkan dari Satya dan Darma Pramuka. Pramuka wajib untuk menolak hoax agar tetap sejati dalam janji luhurnya.

Cara agar tidak hoax adalah selalu bertindak benar dan jujur saat memberikan informasi apapun baik lisan maupun tulis lewat medsos. Jika memberikan informasi pastikan kebenaran informasi dengan cara melihat langsung, menerima info dari teman terpercaya, dan mengukur pentingnya info diberikan orang lain. Selalu berpikir apa, siapa, kapan, di mana, mengapa bagaimana.

Lalu, jangan biasakan copas atau meneruskan info yang tidak jelas. Jangan mau diprovokasi orang lain untuk meneruskan info jika info itu melukai, mengejek, atau menghina orang atau kelompok lain. Selalu ingat bahwa pramuka itu peduli sesama dan kasih sayang sesama.

(2) Perundungan
Rundung dalam bahasa Indonesia artinya bully. Seorang pramuka tidak boleh merundung orang lain sekecil apapun. Orang yang dirundung tentu akan tersakiti hatinya. Merundung adalah batu bahaya bagi pramuka karena akan memunculkan permusuhan dan membuat orang laib dendam.

Lebih baik memberikan pujian daripada memberikan keburukan lewat perundungan. Meskipun itu bernada canda mohon tidak dilakukan agar terjaga kesetiaanmu pada Satya dan Darma Pramuka. Ingat fisik teman, ucapan yang aneh, dan tingkah yang unik adalah hak dan anugerah baginya. Kita tidak perlu menertawakannya.

(3) Penebar Kebencian
Pramuka bukan dicirikan dari sikap negatif tetapi sebaliknya yakni sopan dan santun. Penebar kebencian selalu berangkat dari iri, dengki, hasut, akal-akalan, dan melukai orang lain. Penebar kebencian tidak pernah menggunakan otak normal. Dia selalu abnormal untuk tujuan tertentu.

Pramuka sejati harus menghindari dari sifat kebencian dengan cara selalu bersifat damai. Orang lain adalah sahabat meskipun berbeda latar belakang. Dia manusia dan kita manusia jadi sudah sepantasnya pramuka bersifat manusia. Jagalah kehidupan berbangsa Indonesia dengan tidak menebar kebencian.

(4) Anasionalisme
Menghujat bangsa dan negara sendiri adalah batu bahaya bagi pramuka. Jika melukai dan menyakiti bangsa dan negara sendiri, sebutan pramuka akan hilang. Pramuka itu dengan penuh kehormatan menjalanksn kewajiban terhadap negara kesatuan Republik Indonesia. Dia senantiasa menjiwai Indonesia. Jiwanya adalah jiwa merah putih.

Cara agar tidak anasionalime adalah selalu bangga dengan Indonesia apapun kondisinya. Kibarkan merah putih. Bersahabat dengan teman di pulau lain. Selalu positif tentang Indonesia.

(5) Tawuran
Tawuran adalah batu bahaya bagi pramuka. Dengan tawuran, label pramuka akan hilang. Tawuran itu sifat hewan dan bukan sifat manusia. Tawuran itu bar-bar karena adu kekuatan lewat nafsu dan otot.

Cara menghindarinya adalah selalu berpikir bahwa selisih paham ada jalan yang terhormat, yakni lewat omongan santun. Semua masalah dapat dipecahkan asal lewat pikiran logis dan hati yang jernih. Ingat bahwa tawuran itu melanggar Satya dan Darma Pramuka.

Pembina harus senantiasa memberikan batu bahaya kepada adik didiknya. Beri pemahaman yang dingin. Beri kekuatan batinnya dengan Satya dan Darma Pramuka. Tunjukkan bahwa batu bahaya akan merusak jiwa pramuka. Batu bahaya akan menghambat hidup bahagianya. Selamat membina.

Penulis: Prof Suyatno

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares