Antara Teknik, Keterampilan dan Teknologi Kepramukaan

Dalam dunia kepramukaan, ada istilah yang rancu pemaknaannya. Istilah itu adalah teknik kepramukaan, keterampilan kepramukaan, dan teknologi kepramukaan. Bahkan kerancuan tersebut memicu kegalauan tindakan dalam berbagai kesempatan.

Teknik kepramukaan adalah cara praktis melaksanakan kegiatan kepramukaan dengan media yang praktis pula. Hal itu disejajarkan dengan istilah di pempelajaran, yakni pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. 

Teknik pembelajaran adalah cara praktis untuk melaksanakan pembelajaran dengan media yang tepat sasaran. Dalam kepramukaan berarti ada kata teknik kepramukaan yang sepadan artinya dengan teknik pembelajaran.

Perkemahan, penjelajahan, orientasi medan, mendaki gunung, dan seterusnya adalah teknik kepramukaan. Teknik tersebut terkadang dibungkus dengan nama kegiatan yang bervariasi.

Teknik kepramukaan berupa perkemahan terkadang dibungkus dengan nama Persami, Kemah Pelantikan, Kemah Bakti, dan seterusnya. Begitu pula, teknik kepramukaan mendaki gunung sering dibungkus dengan kegiatan Kebut Gunung, Jelajah Semeru, Muncak Akbar, dan seterusnya.

Dalam teknik kepramukaan, ada unsur keterampilan kepramukaan dan teknologi kepramukaan. Dalam perkemahan, terdapat keterampilan mendirikan tenda, memasak, olahraga, memasang tiang bendera, menentukan arah angin, dan seterusnya. Pun pula, ada teknologi kepramukaannya, yakni penggunaan listrik, pengoperasionalan HT, sistem menyajikan masakan, dan seterusnya.

Keterampilan kepramukaan memunyai arti kompetensi fisik dan tindakan yang dimiliki seseorang. Konpetensi tersebut memenuhi area enam kecerdasan kepramukaan, yakni spiritual, karakter, emosional, sosial, intelektual, dan fisik (SKESOSIF).  

Dalam dunia pembelajaran ada istilah kognitif, afektif dan keterampilan pembelajaran. Di kepramukaan, tentu ada istilah kognitif, afektif, dan keterampilan kepramukaan. Istilah keterampilan kepramukaan berarti kecakapan yang harus dijalani agar sang anak memunyai kemampuan umum atau khusus.

Contoh keterampilan kepramukaan adalah keterampilan menali, keterampilan menggunakan isyarat dan sandi, keterampilan memasak, upacara, membaca alam, dan seterusnya. Keterampilan tersebut biasanya diukur melalui SKU dan SKK. Bahkan, ada teknik kepramukaan yang meminta syarat keterampilan kepramukaan tertentu.

Teknologi kepramukaan adalah strategi teknis ysng digunakan untuk teknik atau keterampilan kepramukaan. Untuk mengukur kecepatan keterampilan membuat tandu, diperlukan teknologi pengukur kecepatan. Untuk menjaga kenyamanan perkemahan, diperlukan teknologi drone sebagai pengintai tetap. 

Pada Jambore Dunia ke-24 di Virginia Barat USA, teknologi kepramukaan digunakan dengan intensif. Zat penghilang bau bakteri di toilet dipakai agar meminimalkan polusi bau. Drone dipakai untuk pengamatan peserta agar tidak terjadi penyimpangan. Novus dipakai di lengan tangan peserta sebagai alat deteksi keberadaan dan keikutsertaan kegiatan. 

Jadi, teknik, keterampilan, dan teknologi kepramukaan saling mendukung. Meskipun teknologi sangat maju, keterampilan kepramukaan akan tetap dijalankan. Dengan begitu, keterampilan kepramukaan akan menjadi ciri khas Gerakan Pramuka. 

Teknik kepramukaan bisa berganti-ganti nama kegiatannya. Namun, keterampilan kepramukaan akan tetap menjadi ciri khas yang terus dilatihkan.

Selamat membina. 

Penulis: Kak Suyatno

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares