Giat Prestasi Jatim 2019 Wujudkan Sustainable Development Goals

Giat Prestasi Pramuka Penegak Tingkat Daerah (GP) Jawa Timur digelar oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur di Bumi Perkemahan Sumberboto, Jombang, 27-30 September 2019. Pembukaan lomba 5 tahunan bagi Pramuka Penegak se Jawa Timur itu dilaksanakan Jumat (27/9/2019).

Kegiatan ini bertema “Pramuka Jawa Timur menuju Sustainable Development Goals (SDGS) 2030”. Tema itu diaplikasikan dalam berbagai jenis perlombaan dalam GP Jatim ini. Waka Kwarda Jatim, Kak AR Purmadi, membuka resmi pelaksanaan Giat Prestasi Jatim 2019 yang diikuti oleh perwakilan 8 orang penegak putra dan 8 penegak putri dari tiap kabupaten/kota se Jatim itu.

Giat Prestasi Pramuka Penegak Jatim 2019 digelar di Bumi Perkemahan Sumberboto, Jombang

“Era saat ini sudah semakin maju, maka Gerakan Pramuka juga harus ikut menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,” kata Kak AR Purmadi. Lebih lanjut Kak AR Purmadi mengajak para pembina juga siap kepada dunia digital karena adik-adik anggota Pramuka sudah melek teknologi. 

32 kwartir cabang mengikuti Giat Prestasi Jatim 2019. Total pesertanya sebanyak 512 orang Pramuka Penegak, 64 pimpinan kontingen cabang, dan 64 orang pembina pendamping. Giat Prestasi Jatim 2019 terdiri dari lomba perkemahan, dan lomba umum. Kwarcab yang tidak mengikuti Giat Prestasi Jatim 2019 ini adalah Kota Mojokerto, Nganjuk, Bangkalan, Sampang, Kota Batu dan Jember.

Lomba umum terdiri dari memasak, rencana bisnis, robotika, membatik, videografi, jurnalistik, desain grafis, I am President, pentas seni, lalu juga terdapat lomba penjelajahan yaitu halang rintang, PPGD, menaksir, navigasi darat, semboyan isyarat, masak rimba, bivak dan pioneering.

Peserta Giat Prestasi Jatim 2019 sebanyak 608 orang Pramuka Penegak, 76 pimpinan kontingen cabang, dan 76 orang pembina pendamping.

Menurut Ahmad Fawwas Robi’ Pradana, ketua bidang giat, berbagai macam lomba didesain menyesuaikan dengan tema kegiatan membekali Pramuka dengan bergagai macam keterampilan dan keahlian. “Sehingga akan muncul perusahaan besar yang didirikan oleh anggota Pramuka lengkap dengan teknik, pemikiran dan kreatifitas dari Pramuka,” kata Robi.

Ketua DKD Jawa Timur Shofwan Amrullah menambahkan bahwa Giat Prestasi Jatim 2019 bertujuan untuk mensukseskan tujuan internasional. “Sebab lomba-lomba dalam Giat Prestasi Jatim 2019 bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup mahluk hidup dan lingkungan,” ujar Shofwan.

Beragam lomba digelar pada Giat Prestasi Jawa Timur 2019 ini

Penulis: Achmat Maskurochman

Penyunting: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares