Pemenang Final Festival Wirakarya Kampung Kelir Goes to Malaysia dan Singapura

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur melepas para pemenang emas Final Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur 2019, Selasa (3/9/2019) di Hotel Java Paragon Surabaya. Mereka adalah 16 orang yang mendapatkan penghargaan ke Malaysia Singapura.

Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwarda Jatim Kak Hariyadi  bahwa pada Festival Wirakarya Kampung Kelir (FWKK) Pramuka Jawa Timur 2019 telah menggerakkan 11.000 Pramuka Penegak se Jawa Timur. “11.000 orang peserta itu melakukan pengecatan, pemugaran rumah, dan renovasi rumah sederhana tidak layak huni,” kata Kak Hariyadi.

Lebih lanjut Kak Hariyadi menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan dimulai dari pelaksanaan FWKK hingga final. “Di Malaysia dan Singapura, peserta akan disambut oleh scoutsdisana. Peserta akan diberikan wawasan mengenai kepramukaan di Malaysia dan Singapura,” ujar Kak Hariyadi.

Kak AR. Purmadi, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, melepas resmi duta Pramuka Jawa Timur itu. Kak AR Purmadi memotivasi para peserta untuk membuat karya berupa cerpen, novel, pusisi, atau featuresejak berangkat sampai kembali ke Indonesia. “Sambil melihat perkembangan negara serumpun, tulis seadanya, manfaatkan sebagai studykomparatif, dan jangan lupa membanggakan negara tercinta,” pesan Kak Purmadi.

Para Pramuka Penegak yang akan ke Malaysia dan Singapura ini juga diminta oleh Kak Purmadi untuk segera ikut membangun masyarakat. “Kalian sudah saatnya terjun ke masyarakat, oleh karena itu satya dan darma Pramuka sebagai janji dan ikrar kalian untuk kemudian menjadi generasi hebat sebagaimana cita-cita kalian,” pinta Kak Purmadi.

Menurut Kak Purmadi, kemampuan para pemenang emas Final Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019 luar biasa. “Generasi unggul yang diharapkan adalah generasi yang penuh tantangan mana kala bisa kalian rubah menjadi kreasi produktif untuk pengembangan diri dan pengabdian masyarakat,” pesan Kak Purmadi kepada seluruh peserta yang akan ke Malaysia dan Singapura ini.

Reporter: Achmat Maskurochman

Editor: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares