Pencanangan Buper Jatim, Gubernur Tanami Pohon Langka di Lokasi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan PT Smelting melakukan gerakan menanam pohon di Bumi Perkemahan dan Pusdiklatda Pramuka Jatim, Desa Kambingan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Senin (28/10/2019). Gerakan tanam pohon menjadi penanda ground breaking pembangunan Bumi Perkemahan dan Pusdiklatda Pramuka Jawa Timur itu.

Ada 74 pohon langka yang ditanam oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sore itu bersama para undangan. Hadir juga Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaluddin dan Wakajati Jatim Edy Birton.

Tampak juga Ketua Kwarda Pramuka Jatim Saifullah Yusuf, dan sejumlah bupati dan wakil bupati. Penghijauan serta penyediaan tanaman langka dilakukan PT Smelting. Nampak Presiden Direktur PT Smelting Hiroshi Kondo ikut mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa selama acara berlangsung.

Para pemimpin Jatim beserta ratusan anggota Pramuka secara simbolik menanam pohon langka yang telah disediakan. Gubernur menanam pohon Mentega, Gus Ipul (panggilan Saifullah Yusuf) menanam pohon mundu. Wakapolda menanam pohon keres.  Pangdam V Brawijaya menanam  pohon nam nam. Sedangkan Presiden Direktur PT Smelting Hiroshi Kondo menanam pohon mentega.

“Penanaman 74 pohon langka ini sesuai dengan Hari Jadi Pemprov Jatim ke 74. Semua tanaman langka itu disediakan oleh PT Smelting atas permintaan Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim,” kata Rachmayani, Senior Staff General Affairs Section PT Smelting.

Sejumlah tanaman langka itu adalah pohon mentega (Diospyros blancoi), mundu (Garcinia dulcis), sawo (Manilkara zapota), nam nam (Cynometra cauliflora), dan keres (Prunus cerasus). Juga pohon asem (Tamarindus indica), kenitu (Chrysophyllum cainito), dan matoa atau rambutan Papua (Pometia pinnata).

Menurut Rahmayani, ada 10 jenis tanaman langka yang akan ditanam di Bumi Perkemahan Pramuka itu. “Beliau ingin agar kelak adik-adik Pramuka mengenal berbagai jenis tanaman dan buah-buahan yang sudah langka,” tambah Rahmayani.

Keterlibatan PT Smeting dalam penanaman pohon di bumi perkemahan ini berawal saat  beberapa waktu lalu, ketika Direksi PT Smelting menghadap ke Gubernur Jatim di Gedung Grahadi Surabaya. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Jatim meminta PT Smelting berpartisipasi dalam penghijauan Bumi Perkemahan Pramuka di Cerme, Gresik.

Permintaan tersebut langsung disanggupi Hiroshi Kondo. Apalagi, selama ini, PT Smelting memang mempunyai program Smelting Peduli Lingkungan. Sejumlah program telah dilakukan perusahaan peleburan dan pemurnian tembaga ini. Misalnya, program hutan bakau di Ujung Pangkah Gresik dan pelestarian elang jawa di Jawa Barat.

Menurut Rahmayani, di Bumi Perkemahan Pramuka Gresik ini, PT Smelting akan menghijaukan satu hektar kawasan tersebut dengan tanaman langka. Saat ini secara simbolik ditanam 74 pohon. “Tapi yang kami siapkan untuk gerakan hari ini ada 100 pohon,” tuturnya. Selain menyediakan pohon langka, PT Smelting juga akan merawat pohon yang telah ditanam di bumi perkemahan itu sampai tumbuh besar.

Penulis: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares