Akira Zahwa, Pramuka Teladan dengan Banyak Prestasi PMR

Mencapai prestasi puncak dari kegiatan yang aktif dilakukan adalah kebanggaan bagi setiap individu. Tidak terkecuali bagi Akira Zahwa, anggota pramuka penggalang dari Gugus Depan 01.006 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya, yang pada tahun 2018 berhasil meraih Pramuka Penggalang Garuda.

Kebanggaan Akira Zahwa semakin memuncak pada Agustus 2019 ini, saat dia berhasil meraih penghargaan tertinggi bagi anggota muda Gerakan Pramuka. Penghargaan itu adalah Lencana Teladan.

“Proses yang harus saya lakukan untuk menggapai pramuka garuda dan pramuka teladan membuat saya jadi semakin dewasa,” kata Akira Zahwa, pramuka yang bercita-cita menjadi dokter dan penulis ini.

Arti perjuangan dirasakan oleh Akira Zahwa. “Pramuka teladan membuat saya semakin mampu menangani masalah diri. Dan yang pasti menambah wawasan dan teman,” ujar penghobi menulis dan membaca, yang lahir di Gresik pada 8 November ini.

Akira Zahwa, berdiri di depan nomor dua dari kiri, bersama 10 orang pramuka penggalang teladan dari gudep pangkalan SMPN 1 Surabaya

Banyak prestasi berhasil diraih oleh pramuka yang tinggal di Jl. Sepat Lidah Kulon 33 Surabaya ini. Sebagian besar adalah prestasi dalam bidang palang merah remaja (PMR). Diantaranya juara umum 2 Pacific PMR 3 Tahun 2017, dan juara umum 2 Gita Praja PMR 13 Tahun 2017.

Prestasi lainnya adalah juara umum 1 Gita Praja PMR Tahun 2019, juara umum 2 Acipraja PMR 19 Tahun 2019, juara umum 1 Polaris PMR 3 Tahun 2019, juara umum 1 WJP PMR 28 Tahun 2019, dan juara umum Lokatiga 2 Jatim Tahun 2018.

Tanda Kecakapan Khusus Pramuka yang dimiliki oleh Akira Zahwa adalah PPPK, Penata Meja Makan, Pengamatan, Memasak, Sholat, Penata Rumah, Bersepeda, Berkemah, Membaca, Hafiz Qur’an, Menabung, Melukis dan Gerak Jalan.

Menjadi pramuka penggalang teladan, bagi Akira Zahwa, berarti harus bisa menjadi panutan. Akira juga merasa harus bisa lebih memberikan manfaat bagi sekitarnya dengan aksi-aksi positif.

“Bersama PMR saya sering melakukan bakti sosial dan penyuluhan. Saya juga membantu pembina pramuka gugusdepan mengajari adik-adik kelas,” terang Akira Zahwa.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *