Kak Djumiran, Pembina Pramuka Penggalang Teladan Terbanyak 2019

Gudep 01.005-01.006 pangkalan SMPN 1 Surabaya menjadi gugusdepan dengan jumlah pramuka penggalang teladan terbanyak tahun 2019 ini di Jawa Timur dan Indonesia. Total 11 orang. Jumlah itu hanya separuh dari kandidat yang diusulkan gugusdepan ini.

Jumlah pramuka penggalang garuda gugusdepan ini yang dilantik pada tahun 2019 juga sangat banyak. Yaitu lebih dari 40 orang. Jumlah pramuka penggalang garuda yang dilantik pada tahun 2018 sekitar 30 orang. Pada tahun 2017, jumlahnya sekitar 20 orang.

Ialah Kak Djumiran, pembina gugusdepan pangkalan SMPN 1 Surabaya sehingga menjadi nomor 1 seperti prestasi akademis sekolah ini. Pembina lulusan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan 2013 ini berhasil mengangkat potensi yang dimiliki oleh anggotanya di gugusdepan ini.    

Pramuka Penggalang Teladan 2019 Gudep Pangkalan SMPN 1 Surabaya

Banyaknya anggota pramuka garuda dan pramuka teladan di gugusdepan itu bukan suatu kebetulan. “Kami menerapkan kiat khusus untuk melantik banyak pramuka garuda dan pramuka teladan,” kata pembina kelahiran 8 Februari 1973 ini.

“Diantaranya dengan memastikan bahwa latihan rutin pramuka yang digelar di gugusdepan harus sesuai target yang telah ditentukan,” ujar Kak Djumiran, yang juga pamong Saka Kencana Kota Surabaya hingga tahun 2021 ini.

“Pada pembentukan regu awal tahun ajaran kelas 7, kami menyeleksi basic scouting adik didik untuk pemetaan kemampuan,” terang Kak Djumiran, yang juga wakil ketua harian Kwarran Genteng 2016-2019 ini.

Pramuka Penggalang Garuda Putri Gudep Pangkalan SMPN 1 Surabaya

Menurutnya, adik didik yang dari pangkalan SD sudah mencapai tingkatan ramu atau rakit perlu diteruskan ke jenjang berikutnya. “Kita tetap perlu memberi pemantapan agar yang sudah didapat di pangkalan SD bisa lebih mereka pahami lagi,” lanjut Kak Djumiran, yang juga andalan ranting urusan penggalang Kwarran Semampir ini.

Kak Djumiran menyampaikan bahwa dalam pencapaian pramuka garuda dan pramuka teladan tidak lepas dari beberapa pemangku kepentingan yang lainnya. “Harus melibatkan guru kelas, orang tua, tokoh masyarakat, kwarran dan kwarcab. Dari situlah proses pengujian lebih ringan sesuai Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda no.038 tahun 2017,” terangnya.

Paling utama dari semua proses, menurut Kak Djumiran, adalah dukungan dari orang tua. “Setiap angkatan regu khusus atau dari tiap jenjang kelas, kami membuat group walimurid. Tiap jenjang ada koordinatornya. Komunikasi dengan orang tua menjadi terjaga dengan grup whatsapp ini,” kata Kak Djumiran yang membina pramuka di SMPN 1 Surabaya sejak 2004 ini.

Pramuka Penggalang Garuda Putra Gudep Pangkalan SMPN 1 Surabaya

Dukungan lain yang juga sangat krusial adalah ketua majelis pembimbing gugusdepan. “Dukungan kamabigus atau kepala sekolah sangat penting untuk merealisasikan banyak pramuka garuda dan teladan. Kamabigus yang baik harus memotivasi kita untuk selalu berpacu dengan prestasi dalam pengembangan di gugus depan,” jelas Kak Djumiran.

Penulis: Mochamad Zamroni

Berbagi

2 thoughts on “Kak Djumiran, Pembina Pramuka Penggalang Teladan Terbanyak 2019

  • December 3, 2019 at 8:47 pm
    Permalink

    Salam Pramuka
    Salam hormat Kak Djumiran, Kakak luar biasa bisa membina dan memotivasi adik-adik sampai meraih Pramuka Teladan, semoga semangat dan prestasi Kakak bisa menular kepada kami.

    Reply
  • December 5, 2019 at 6:42 am
    Permalink

    Salam kakak,,
    Trmksih kakak.. keberhasilan itu adalah dari kesatuan yg saling mendukung baik dari Pembina,orangtua,ketua gudep,bahkan seberapa besar semangat adik2 dalam pelatihan digugus depan..mulai dari TKU,TKK hingga sampai ke Pramuka Garuda maupun Teladan..namun kembali pada kita sebagai Pembina seberapa besar kepedulian kita terhadap adik2 utk bisa mencapai tingkatan tertinggi digolongannya..
    Salam Pramuka..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares