Kak Tri Panjianto, Pembina Juara 1 Gudep Unggul Nasional 2018

Gugus Depan 17.001-17.002 pangkalan SD Negeri Rengel 1 Kabupaten Tuban mengharumkan nama  Jawa Timur. Gudep ini meraih Juara 1 Gugus Depan Unggul Tingkat Nasional Tahun 2018. Gudep ini juga meraih Juara 1 Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional Tahun 2018.

Ialah Kak Tri Panjianto, pembina pramuka gugusdepan ini yang terlibat aktif dalam melakukan semua persiapan. Mulai seleksi di tingkat cabang Kabupaten Tuban, tingkat daerah Jawa Timur, hingga tingkat nasional, disiapkan dengan proses yang tidak singkat.

“Prestasi Juara 1 Gugus Depan Unggul Tingkat Nasional Tahun 2018 dan Juara 1 Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional Tahun 2018 bukan prestasi yang kebetulan. Prosesnya tidak instan. Prestasi ini buah dari proses panjang di gugus depan,” kata Kak Tri Panjianto, pembina pramuka kelahiran Tuban, 24 Juni 1986 ini.

Menurut Kak Tri, panggilan Tri Panjianto, tahapan awal yang dibangun adalah membuat semua warga sekolah. Tentunya tidak hanya guru dan wali siswa. Penjaga dan pesusruh sekolah juga harus dibuat menjadi suka dan bangga pramuka.

“Dalam setahun berproses, tahun 2016-2017, kami bisa menghipnotis guru kelas dan mapel bahkan penjaga serta pesuruh sekolah untuk peduli pada pramuka,” kata Kak Tri, lulusan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan Nasional 2017 ini.

“Dengan metode DORA, yaitu Do Observation Reflection Application, semua warga menjadi suka pramuka. Tidak ada lagi guru enggan membina. Ortu siswa juga bangga dan aktif,” terang pembina pramuka yang setiap harinya menjadi guru kelas di SDN Rengel I Tuban ini.

Setelah semua warga sekolah menjadi suka dan bangga dengan pramuka, keberhasilan dalam menyiapkan gugus depan unggul tidak sekaligus diraih. “Pada tahun 2017 kami berhasil pada seleksi tingkat Kabupaten Tuban. Tetapi kami gagal menjuarai tingkat provinsi pada tahun itu,” terang pembina yang menyukai survival ini.

Dari kegagalan itu, gudep pangkalan SDN Rengel I terus berupaya melakukan perbaikan. “Dengan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, pada tahun 2018 ada kebijakan dari Kwarda Jatim, atas permintaan Kwarnas, untuk mengikutsertakan 10 gudep unggul Jatim,” tutur Kak Tri Panjianto.

Dari portofolio 10 gudep unggul Jatim tersebut, gudep pangkalan SDN Rengel I Tuban dinyatakan lolos bersama 3 gudep Jatim lainnya. “Ada 4 gudep yang dinyatakan lolos visitasi nasional oleh tim kementerian. Gudep dari Ngawi, Surabaya, Blitar dan Tuban yang divisitasi. Hasil akhirnya, gudep Rengel kami yang mewakili Jatim ke tingkat nasional,” kata Kak Tri.

Keberhasilan Gudep 17.001-17.002 pangkalan SD Negeri Rengel 1 Kabupaten Tuban itu, Kak Tri Panjianto pun diminta terlibat dalam membantu persiapan perwakilan Jatim dari Kwarcab Banyuwangi pada Lomba Gudep Unggul Nasional 2019.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Kak Tri Panjianto, Pembina Juara 1 Gudep Unggul Nasional 2018

  • December 13, 2019 at 10:11 am
    Permalink

    Peran serta lingkungan terutama Gudep memang sangat efisien sekali kak untuk menungjang prestasi bidang kepramukaan. Sayangnya, masih ada beberapa sekolah di Jawa Timur yang acuh terhadap Gerakan Pramuka.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *