Kemah Bakti Penanaman Hutan II Saka Wanabakti Pasuruan Diikuti 427 Peserta se Jatim

Kemah Bakti Penanamam Hutan II yang diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Pasuruan dimulai, Sabtu (21/12/2019). Bertempat di SMPN 1 Puspo, Pasuruan, kegiatan yang diikuti oleh 427 orang peserta dan sekitar 30 orang pembina pendamping.

Hadir pada pembukaan itu Asisten Perhutani Pasuruan Kak Rahmady Soetijono, Kepala Pusdiklat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasuruan Kak Suhermanto, dan Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni.

Pamong Saka Wanabakti Pasuruan Mukhammad Fatkhan menyampaikan bahwa jumlah peserta Kemah Bakti Penanamam Hutan II ini melebihi target yang ditetapkan panitia sebelumnya. “Pesertanya tidak hanya dari gugusdepan yang berpangkalan di Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan. Ada juga dari Lamongan, Ngawi, Malang dan Banyuwangi,” kata Kak Fatkhan.

Pamong Saka Wanabakti Pasuruan Kak Mukhamad Fatkhan saat menyampaikan laporan kegiatan

Kak Fatkhan menambahkan bahwa peserta kegiatan ini adalah pramuka penggalang dan pramuka penegak. “Peserta dari Satuan Karya tidak hanya dari Saka Wanabakti, tetapi juga Saka Bhayangkara dan Saka Bakti Husada,” tambah Kak Fatkhan.

Kepala Pusdiklat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasuruan menyampaikan bahwa aksi penanaman hutan ini merupakan realisasi darma kedua, yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

“Tahun 2019 menjadi tahun terparah kekeringannya di Jawa Timur. Banyak daerah di Pasuruan yang sebelumnya tidak kekeringan, tahun menjadi kekeringan. Bahkan ketika hujan sudah mulai turun, kekeringan masih terjadi,” kata Kapusdiklatcab Pasuruan Kak Suhermanto.

Asisten Perhutani Pasuruan Kak Rahmady Soetijono, Kepala Pusdiklat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasuruan Kak Suhermanto, dan Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni.

Kak Suhermanto menyampaikan bahwa dengan terus menggalakkan aksi penanaman hutan kembali akan membuat kita terhindar dari bahaya kekeringan pada tahun-tahun mendatang.

Dalam sambutannya, Asisten Perhutani Pasuruan Kak Rahmady Soetijono, menyampaikan bahwa telah disiapkan 4000 bibit pohon pinus dan salam pada aksi penanaman hutan ini. “Pastikan melepas plastik polybag sebelum menanam bibit pohon,” kata Kak Rahmady Soetijono.

Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni mengatakan bahwa aksi penanaman hutan ini adalah ibadah jariyah. “Selama pohon yang kita tanam itu hidup, maka insyaAllah pahalanya akan mengalir kepada yang menanam dan merawatnya,” ujar Kak Zamroni.

Penyematan scarf kepada perwakilan peserta Kemah Bakti Penanaman Hutan II

Kak Zamroni juga berharap Saka Wanabakti Pasuruan lebih sering lagi mengadakan penanaman hutan. “Ayo buat lagi penanaman hutan dengan lebih banyak peserta. Kita buat promosinya lebih baik lagi. Pohon adalah benteng utama dan benteng terakhir bumi kita meminimalkan dampak perubahan iklim,” ujar Kak Zamroni.  

Kak Fatkhan menjelaskan bahwa penanaman hutan ini akan dilaksanakan pada petak 3C Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Peserta kegiatan akan bisa menikmati pemandangan kawasan Gunung Bromo yang sangat bagus.

Kemah Bakti Penanaman Hutan II ini juga didukung oleh BPDASHL Brantas dan AQUA Keboncandi.

Penulis: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares