Kemah Bakti Penanaman Hutan II Tanam 4000 Pohon dan Bagikan 1500 Pohon

Hari kedua Kemah Bakti Penanaman Hutan II, Minggu (22/12/2019), yang diselenggarakan oleh Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti Pasuruan berlangsung semarak. Lebih dari 500 orang mengikuti penanaman pohon pinus dan salam yang di petak hutan 3C Desa Baledono, Kecamatan Tosari. Luasnya sekitar 7,8 Hektar.

4000 pohon pinus dan salam ditanam pada aksi lahan hutan ini. Pohon yang ditanam itu disediakan oleh Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Tosari. Jarak tanam antarpohonnya 2 – 3 meter.

Penentuan jenis pohon yang ditanam menyesuaikan dengan warna ajir atau bambu penanda/penyangga bibit pohon yang sudah dipasang sebelumnya. Ajir warna putih untuk pohon pinus. Ajir warna biru untuk pohon salam.

Pramuka menanam hutan di petak 3C Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan

Pemandangan yang indah dan hawa sejuk mengiringi aksi penanaman pohon tersebut. Begitu sampai di lokasi penanaman, seluruh peserta kegiatan ini langsung berkumpul untuk mendapatkan pengarahan teknis penanaman.

Aksi penanaman hutan ini merupakan program kedua yang diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Pasuruan. Sebelumnya, KBPH I diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Pasuruan pada Januari 2018 silam. KBPH II ini didukung oleh AQUA Keboncandi.

Selain itu di sela‐sela kegiatan penanaman hutan ini, Saka Wanabakti Pasuruan juga membagikan bibit gratis kepada warga untuk ditanam pada lahannya dan lahan umum non kawasan hutan. Bibit yang berjumlah 1.500 dari BPDASHL Brantas tersebut juga dibagikan kepada semua peserta KBPH II untuk dapat ditanam di rumah atau sekolahnya.

Pamong Saka Wanabakti Pasuruan Kak Mukhamad Fatkhan mengatakan bahwa Kemah Bakti Penanaman Hutan II ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan seperti seharusnya.

“Melalui aksi penanaman hutan ini, semoga bisa meningkatkan cadangan air tanah, meningkatkan produksi oksigen, meminimalkan luapan air serta banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Rejoso, mencegah longsor, memperkokoh struktur tanah dan mencegah bencana alam yang lainnya,” kata Kak Mukhammad Fatkhan.

Pramuka membagikan pohon kepada masyarakat untuk ditanam di lahannya dan lahan non hutan

Kepala Pabrik AQUA Keboncandi M. Fahroni menyampaikan bahwa Danone-AQUA mempunyai visi yang diemban. Yaitu, One Planet One Health. Melalui pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat. Danone-AQUA juga menerapkan Planet Sirkular dalam operasionalnya. Yaitu sirkular kemasan, sirkular air, dan sirkular karbon.

“Sirkular kemasan dijalankan melalui penggunaan kemasan ramah lingkungan dan pengelolaan sampah plastik. Sirkular air diimplementasikan melalui pengelolaan dan konservasi sumber daya air secara terpadu. Dan sirkular karbon diwujudkan melalui kebijakan kenetralan karbon yang dicapai melalui pengurangan emisi karbon dan efisiensi energi,” kata Fahroni.

Ikut serta pada aksi penanaman pohon hutan ini adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan yang juga aktif pramuka Kak Sugiarto. Kepala Desa Baledono Mas Prapto, Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni dan sekretaris Saka Wanabakti Provinsi Jatim Kak Tatun Wiyanto.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *