Kenzie Darell Prasetya, Pramuka Siaga Teladan yang Jago Matematika

Usianya belum genap 10 tahun saat dia mendapatkan anugerah Lencana Teladan untuk golongan pramuka siaga pada Agustus 2019. Hanya ada 4 orang pramuka siaga dari Jawa Timur yang mendapatkan anugerah itu dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Kenzie Darell Prasetya, nama anak itu.

Kenzie Darell Prasetya, Pramuka kelahiran Ponorogo, 6 Oktober 2009 ini, aktif sebagai anggota pramuka Gugus Depan 01-047 pangkalan SD Muhammadiyah Ponorogo. Dia telah mencapai Pramuka Garuda Siaga tahun 2018.

Menurut Ketua Gugus Depan Pangkalan SD Muhammadiyah Ponorogo Kak Eko Setiawan, Kenzie Darell Prasetya sangat aktif dalam latihan rutin mingguan. “Dia dapat memimpin teman-temannya sebagai ketua barung. Dia banyak prestasinya di sekolah. Tidak hanya akademis, tetapi juga non akademis seperti melukis dan mewarnai,” kata Kak Eko Setiawan.

“Saya sangat suka Matematika. Saya berhasil memenangi perlombaan tingkat Kabupaten Ponorogo, provinsi, nasional, dan internasional.” kata Kenzie, yang bercita-cita menjadi dokter ini.

Diantara perlombaan Matematika yang berhasil dia menangkan adalah Silver Award Thailand International Mathematical Olympiad 2019, Medali Perunggu Olimpiade Matematika Anak Bangsa Tingkat Jawa Timur dan Jawa Tengah 2019, dan Juara III Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se Indonesia ke-14.

Dia juga berhasil meraih Medali Perunggu Olimpiade Matematika Anak Bangsa Tingkat Jawa Timur dan Jawa Tengah 2018, Gold Award Hong Kong Internatioal Mathematical Olympiad 2018, Silver Award Thailand International Mathematical Olympiad 2017, dan masih banyak lagi medali dalam bidang Matematika lainnya. Beragam lomba menggambar, mewarnai dan kaligrafi juga pernah dia juarai.

Putra pasangan Erwin Budi Prasetiyo dan Narulita Rahmaputri Mas’oed ini juga termasuk anak yang aktif. “Di rumah, Kenzie sangat sering membantu orang tuanya. Dia juga aktif bertanya kalau ada sesuatu yang tidak dimengertinya,” terang Narulita Rahmaputri Mas’oed, ibunya.

Sedangkan tanda kecakapan khusus yang berhasil diraih oleh Kenzie adalah TKK Sholat, Qori, Pengatur Ruangan, Pengatur Meja Makan, Membantu Ibu, PPPK, Pengendara Sepeda, Gerak Jalan, Juru Masak, Pengamat, Penabung, Muadzin, dan Pengaman Lalu Lintas.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *