M Lutfi Utaman, Pramuka Penggalang Teladan dari SMPN 1 Surabaya

Pramuka Penggalang Teladan 2019 ini ialah pramuka yang penghafal Al Qur’an. Saat ini, dia sudah menghafal juz 30. Dia juga termasuk anak yang selalu menunaikan sholat fardhu, seperti dalam Darma Pramuka yang pertama. M Lutfi Utaman, namanya. Dia anggota pramuka Gugusdepan 01.005 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya.

Baik ketika sedang di sekolah, maupun sedang di luar sekolah untuk kegiatan, Lutfi Utaman senantiasa menunaikan sholat tepat waktu tanpa ditegur. Demikian juga saat dia di rumah. Hal ini berdasarkan penuturan pembina gugusdepan dan orang tuanya.

Menurut Kak Djumiran, pembina Gugusdepan 01.005 pangkalan SMPN 1 Surabaya, M Lutfi Utaman termasuk pramuka yang mempunyai ketegasan dalam sikap memimpin pasukan. “Dik Lutfi mampu memperlihatkan kedisiplinan dalam aktifitas di gugus depan serta bisa membantu administrasi gugus depan,” kata Kak Djumiran.

Bagi Kak Djumiran, Lutfi termasuk selalu aktif dalam kegiatan pramuka di sekolah. “Dia mempunyai sikap tanggung jawab yang baik pada setiap tugas yang diberikan oleh pembina dan guru di sekolah,” kata Kak Djumiran.

Sikap Lutfi di rumah juga menunjukkan sikap yang baik. “Dia selalu patuh terhadap apa yang disampaikan oleh orang tuanya. Tutur bahasa dalam komunikasi dengan orang tua dikenal sopan dan santun,” tambah Kak Djumiran.

M Lutfi Utaman, belakang nomor dua dari kanan, bersama Pramuka Penggalang Teladan 2019 dari Gugusdepan 01.005-01.006 pangkalan SMPN 1 Surabaya

Bagi M Lutfi Utaman, dengan berhasil menjadi pramuka penggalang teladan, berarti dia bisa membanggakan kedua orang tua dan keluarga. “Menjadi pramuka penggalang teladan juga berarti saya harus bisa senantiasa menjadi panutan dan membanggakan keluarga,” kata pramuka kelahiran 19 Mei 2005 ini.

Banyak hal yang berkesan bagi Lutfi selama aktif pramuka. “Keseruan itu saya rasakan saat menyiapkan seluruh peralatan berkemah Gugusdepan 01.005 – 01.006 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya,” terang Lutfi, yang tinggal di Jl.Jambangan Kebon Agung I/21 Surabaya ini.

Dia juga merasakan bahwa momen indah bisa bercanda bersama teman-temannya pramuka saat istirahat kegiatan. “Bercanda bersana teman-teman pramuka bisa membuat lelah fisiknya menjadi hilang,” tutur M Lutfi Utaman, yang pernah mengikuti Pelatihan Sigap Bencana Kwarcab Surabaya 2017 ini.

Beragam tanda kecakapan khusus pramuka (TKK) dimiliki Lutfi. TKK tersebut adalah TKK : Penunjuk Arah, TKK P3K, TKK Qori, TKK Pengamat, TKK Pengatur Rumah, TKK Menabung, TKK Berkemah, TKK Bersepeda, TKK Jalan Sehat, TKK Berkebun, TKK Membaca dan TKK Sholat.

Beragam prestasi juga berhasil diraih M Lutfi Utaman. Diantaranya Juara 2 STATION IV SMKN 5 Surabaya 2018, Juara Umum LOKATIGA SMK Negeri 2 Surabaya 2018, Juara 2 Pionering Medan Galang Universitas Adi Buana 2019, Juara 3 Giat Prestasi Penggalang Kwarda Jatim 2018 dan Juara 2 SIBBA Cup Semen Indonesia 2019.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *