Malika Janeeta Az-Zahra, Pramuka Penggalang Teladan 2019

Berhasil menjadi Pramuka Penggalang Teladan Nasional merupakan kebanggaan tersendiri bagi gadis ini. Pada tahun 2019, dalam rangkaian Hari Pramuka ke-58 oleh Kwartir Cabang Kota Surabaya, dia dikukuhkan sebagai Pramuka Penggalang Teladan Nasional 2019. Malika Janeeta Az-Zahra, namanya.

Gadis kelahiran Surabaya, 28 Juli 2005 ini dikukuhkan sebagai Pramuka Teladan Nasional 2019 bersama 10 orang anggota Pramuka Gudep 01.005-01.006 pangkalan SMPN 1 Surabaya. Jumlah ini menjadi anggota Pramuka Teladan Nasional terbanyak dalam 1 gugusdepan yang pernah ada.

Bagi Janeeta, yang paling berkesan sebagai Pramuka Penggalang Teladan adalah saat pengumumannya. “Ceritanya pagi-pagi (beberapa hari sebelum Hari Pramuka ke-58), saya mau latihan persiapan Jambore Daerah Jawa Timur 2019 kontingen Surabaya. Tiba-tiba banyak kakak-kakak di Kwarcab Surabaya bilang ke saya bahwa saya lolos sebagai Pramuka Teladan,” kata Malika Janeeta, yang bercita-cita sebagai coworking United Nations.

Janeeta, dua dari kanan saat kegiatan bersama regunya

Janeeta mengaku langsung kaget bahagia mendengar kabar tersebut. “Rasanya gak percaya. Saya kira capaian saya sebagai Pramuka Garuda merupakan capaian tertinggi. Ternyata saya lolos juga sebagai Pramuka Teladan. Alhamdulillah,” ungkap penghobi fotografi ini.

Bagi Janeeta, menjadi Pramuka Penggalang Garuda, yang dilantik pada dalam rangkaian Hari Pramuka ke-57 Kwarcab Surabaya, Agustus 2018, setahun sebelumnya, sudah merupakan kebanggaan tersendiri. “Saya bangga karena lolos sebagai Pramuka Garuda tanpa remidi. Sebab saingannya banyak dan hebat-hebat,” ujar Malika Janeeta Az-Zahra.

Saat penyematan Pramuka Garuda, Janeeta mendapat kejutan karena penyematan ternyata dilakukan oleh ayahnya tanpa diberi tahu sebelumnya. “Pas balik kanan untuk penyematan lencana Pramuka Garuda, ternyata ayah yang menyematkan. Saya sangat terharu,” tutur Janeeta dengan sangat bangga.

Janeeta, berdiri di depan (tiga dari kanan) bersama Pramuka Penggalang Teladan 2019 dari pangkalan SMPN 1 Surabaya

“Ayah dulu mengaku sangat ingin menjadi Pramuka Garuda di Kota Pontianak. Tapi gak berhasil. Alhamdulillah saya berhasil bahkan terpilih sebagai Pramuka Teladan,”  kata Malika Janeeta Az-Zahra, putri Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Dr. Ikhsan (saat itu), kini Asisten Sekretaris Pemerintah Kota Surabaya. 

Beragam prestasi diraih oleh Janeeta. Tidak hanya sebagai peserta Jambore Daerah Jawa Timur 2019 di Banyuwangi, dia juga terlibat dalam pertukaran pelajar Surabaya – Busan, Korea. “Dari awal saya sudah senang berbaur, senang punya banyak kenalan baru. Apalagi dari luar negeri,” kata gadis peraih Tanda Kecakapan Khusus Sholat tingkat utama ini.

Dia bahkan mengaku sudah punya banyak kenalan dari luar negeri sebelumnya. “Kebanyakan dari Eropa dan Amerika. Belum banyak yang dari Asia. Nah, saat itu bertepatan dengan adanya pertukaran pelajar Surabaya-Busan, saya ditawari sekolah untuk ikut. Saya langsung iyakan,” ujarnya.

Dalam pertukaran pelajar Surabaya-Busan itu, Janeeta menjadi peserta termuda. Umurnya saat itu 12 tahun. “Semua pesertanya berumur 14-18 tahun. Jadi otomatis saya paling belia,  tapi bukan berarti yang paling cemen. Justru saya termotivasi untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dan cakap berkomunikasi dengan orang baru,” terang Janeeta yang kini kelas 9 SMP.

Janeeta mengaku tipe orang yang kalau sudah bergabung, atau suka sesuatu, akan sangat dia seriusi. “Di SMPN 1 Surabaya, sekolah saya, saya hanya mengikuti ekskul Pramuka. Umumnya siswa sekolah saya ikut lebih dari satu ekskul,” kata gadis peraih Tanda Kecakapan Khusus Berkemah tingkat utama ini. Walaupun hanya mengikuti ekskul Pramuka, dia bertekad bisa mencapai tingkatan tertinggi.

Penulis: Mochamad Zamroni

Berbagi

One thought on “Malika Janeeta Az-Zahra, Pramuka Penggalang Teladan 2019

  • December 2, 2019 at 9:57 am
    Permalink

    Selamat untuk Janeeta, semoga bisa menjadi motivasi bagi anggota Pramuka yang lainnya, ikut bangga ..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares