Marisa Aulia Bilqis, Penggalang Teladan Gudep Pangkalan SMPN 1 Surabaya

Sebanyak 11 Pramuka Penggalang Teladan dari Jawa Timur dilantik pada tahun 2019. Penentuannya dilakukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Semuanya berasal dari Gugus Depan 01.006 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya. Di antara Pramuka Penggalang Teladan itu ialah Marisa Aulia Bilqis.

Putri kelahiran Surabaya, 30 Maret 2004 ini memiliki segudang prestasi. Di antaranya sebagai juara 1 Smack Ball Putri 2018, juara 3 Smack Ball Putri 2019, juara umum Lokatiga II 2018, juara 2 Pionering Putri Lomba Barunawati, 2018, juara 3 LUG Drum Band Tingkat Jawa Timur, juara 2 Stasion IV 2019, dan juara umum 2 Gita Praja 13.

Baginya, menjadi pramuka garuda adalah kebanggaan. Apalagi bisa lolos menjadi penggalang teladan. “Saat penempuhan garuda yang berkesan adalah setelah para pembina dikumpulkan oleh Kwarcab Surabaya untuk membahas hasil pengujian garuda,” kata Marisa Aulia Bilqis, yang tinggal di Jalan Dukuh Setro IV A / 1 Surabaya ini. 

Marisa, dua dari kiri, saat seleksi pramuka penggalang garuda di Kwarcab Surabaya

“Setelah keluar dari ruangan, saya melihat Kak Jum, pembina saya, dengan wajah sedih. Saya bertanya tentang hasil rapat tersebut. Kak Jum hanya menjawab hasilnya tidak memuaskan,” terang Marisa. Saat pengumuman, ternyata dia termasuk dalam daftar yang lolos sebagai pramuka garuda. 

“Pada saat pelantikan pramuka penggalang garuda, adalah suatu kebanggaan pita lencana bisa dikalungkan oleh orang tua saya sendiri,” kata pramuka yang hobi merangkai manik-manik ini.

Bagi Marisa, saat penempuhan teladan yang paling berkesan adalah saat-saat pengumuman. Awalnya dia tidak mengira bisa lolos. “Dari cerita tahun lalu yang diajukan sepuluh orang Pramuka Garuda Jatim, ternyata yang lolos hanya dua orang. Saat pengumuman teladan, ternyata ada nama saya,” tutur Marisa

Marisa Aulia Bilqis, ketiga dari kiri, bersama 10 pramuka penggalang teladan dari gudep pangkalan SMPN 1 Surabaya

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Pramuka yang dimiliki oleh Marisa Aulia Bilqis adalah TKK Gerak Jalan, TKK Sholat, TKK Berkemah, TKK Jelajah, TKK Qori, TKK Memasak, TKK P3K, TKK Penata Meja Makan, TKK Membaca, TKK Pengamatan, TKK Bersepeda, TKK Menjahit, TKK Menabung, TKK Berkebun, dan TKK Penata Rumah.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *