Para Punggawa Pramuka Kwarcab Kediri Berkumpul pada Malam Canda Bhirawa

Malam Canda Bhirawa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri digelar Selasa (31/12/2019). Kegiatan tahunan ini dimulai pada 2014 lalu, saat Dewan Kerja Cabang Kabupaten Kediri ingin mengadakan satu kegiatan yang mengumpulkan Dewan Ambalan se Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, 31 Desember 2019 – 1 Januari 2020. Pesertanya adalah Pramuka Penegak se-Kediri yang menjabat sebagai pengurus dewan ambalan. Kak Alvina, Wakil Ketua DKC Kediri, berkata “Kegiatan ini untuk mengajak pramuka penegak di Kediri untuk memanfaatkan waktu di pergantian tahun baru sekaligus silaturahim.”

Kegiatan ini dibuka oleh Kak Nuryahya, Sekretaris Kwarcab Kediri. “Pramuka lebih baik menggunakan waktu pergantian tahun untuk Malam Canda Bhirawa dari pada keluyuran memperingati tahun baru dengan kegiatan yang kurang jelas. Saya yakin kalian semuanya dapat menjadi kader pemimpin bangsa yang akan menggantikan kami,” kata Kak Nurcahya. Selain pembukaan juga dilangsungkan Pelantikan Anggota DKC Kediri pergantian antarwaktu (PAW) masa bakti 2019-2020.

Persiapan kegiatan ini sangat mengesankan bagi DKC Kediri. Menurut Zahara, anggota DKC Kediri, membersihkan seluruh area Kwarcab Kediri adalah pengalaman berharga baginya.  “Kegiatan ini menambah keberanian saya yang awalnya tidak berani memanjat, akhirnya beranikan memanjat untuk membersihkan area bagian atas aula. Menyenangkan sekali,” imbuh Zahara.

Bagi Farila, DKC Kediri, melalui Malam Canda Bhirawa ini dirinya belajar mengembangan kemampuan komunikasi dalam berorganisasi. “Komunikasi itu penting, karena tanpa komunikasi sesuatu yang telah kita rencanakan tidak dapat berjalan sesuai harapan ” kata Farila, pramuka kelahiran Kediri tahun 2002 ini.

Dalam kegiatan Malam Canda Bhirawa ini diampaikan beberapa materi. Di antaranya, materi life skill yaitu public speaking dan jurnalisme, talkshow, pentas seni, tukar kado, simulasi musyawarah ambalan, dan bedah Petunjuk Pelaksanaan Pola Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak Pandega. “Semoga kegiatan ini mampu mencetak kader pramuka terampil siap kawal SDG’s,” imbuh Alvina, Wakil Ketua DKC Kediri.

Penulis: Achmat Maskurochman

Penyunting: Mochamad Zamroni

Berbagi

One thought on “Para Punggawa Pramuka Kwarcab Kediri Berkumpul pada Malam Canda Bhirawa

  • January 1, 2020 at 9:49 am
    Permalink

    Sangat menyenangkan sekali bisa mengikuti kegiatan Malam Canda Bhirawa, karena di sini banyak sekali ilmu yang bermanfaat, bisa berkenalan dengan banyak teman baru dan juga bisa mengisi waktu pergantian tahun dengan hal yang positif dan mengasikan. Terima kasih DKC kediri semoga bisa mengadakan kegiatan yang lebih besar dan mengasikan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares