Pramuka Siap Membantu Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020

Polda Jawa Timur menggelar koordinasi menjelang pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Nantinya selama libur Nataru, Polda Jatim akan menggelar Operasi Lilin Semeru 2019.

Pramuka diharapkan aktif terlibat dalam pengamanan Nataru ini. Operasi Lilin Semeru 2019 ini digelar mulai 23 Desember 2019 – 1 Januari 2020. Dalam operasi ini, ada 19 ribu personel yang dilibatkan.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan 19 ribu personel ini terbagi dari berbagai elemen. Misalnya dari Polri 11.062 personel yakni Polda 740 dan 10.322 dari jajaran Polres, TNI 1.420 personel, pemda 3.021 personel, dan pramuka beserta elemen masyarakat sebanyak 3.454 personel.

“Kita mengarahkan hampir 11 ribu lebih personel dengan bantuan dari TNI. Serta akan ada dari instansi terkait,” kata Luki di sela Rakor di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (16/12/2019).

Luki juga melibatkan tokoh-tokoh agama untuk mengamankan perayaan natal di gereja. Hal ini untuk menciptakan situasi kondusif di Nataru. “Tokoh-tokoh agama juga kita libatkan dalam natal nanti. Kami beserta dengan jajaran pada hari ini akan siap untuk melaksanakan pengamanan,” ujar Luki Hermawan.

Dalam ikut serta dalam membantu keamanan dan ketertiban Nataru, pramuka bisa terlibat dalam pengamanan di gereja dengan membantu mengarahkan umat ke dalam gereja, menyeberangkan, mengatur kendaraan keluar masuk. Pramuka juga bisa membantu kepolisian dalam pengecekan barang-barang sebelum masuk ke dalam gereja

Saat perayaan tahun baru 2020, pramuka bisa membantu berada di pos-pos polisi dan titik- titik daerah rawan dan obyek vital seperti taman dan tempat rekreasi. Pramuka juga bisa membantu mengarahkan kendaraan

Kan Andika, staf Kwarda Jatim yang mengikuti koordinasi dengan Polda dalam rangka Nataru ini, mengatakan bahwa tahun ini di pramuka Surabaya akan kembali aktif terlibat. “Pramuka Surabaya akan membantu pelayanan masyarakat yang kedatangan dan keberangkatan di stasiun besar,” kata Kak Andika.

Obyel vital yang dimaksud adalah tempat rekreasi, taman, dan ibadah. “Pada perayaan tahun baru 2020, pramuka Surabaya juga terlibat pengamanan seperti di Kebun Binatang Surabaya. Termasuk juga membantu orang tua yang sering kehilangan anaknya karena lokasi yang ramai di Kebun Binatang Surabaya itu,” tambah Andika.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *