Rapat Koordinasi Sekretaris Kwarcab se Jatim Digelar di Trawas

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sekretaris se-Jawa Timur di Hotel Puncak Ayanna, Trawas, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan selama dua hari itu, 3-4 Desember 2019, dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak AR Purmadi.

Rapat koordinasi ini didasari pentingnya peran dan fungsi sekretaris kwartir cabang sebagai penggerak utama Gerakan Pramuka di kwartir. “Dengan rapat koordinasi ini diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi dan peran sekretaris, memberikan solusi bagi permasalahan di kwartir, dan sebagai forum komunikasi kwarda dan kwarcab,” kata Kak Bambang Suyanto, sekretaris Kwarda Jatim.

Dalam sambutannya, Kak AR Purmadi mengingatkan kepada seluruh peserta bahwa sekretaris adalah solusi. “Sekretaris adalah solusi, yang harus dominan dengan pelayanannya. Pelaksana kebijakan Gerakan Pramuka yang berada di satuan administrasi pangkalan (SATMINKAL) Gerakan Pramuka adalah kwartir cabang dipegang oleh sekretaris,” pesan Waka Kwarda Jatim Kak AR Purmadi.

Kegiatan ini diikuti oleh 62 orang dari unsur sekretaris, wakil sekretaris, dan bendahara kwarcab se Jawa Timur. Beragam tema pembahasan disampaikan pada rapat koordinasi ini. Yaitu peran strategis sekretaris kwarcab, tugas pokok serta fungsi sekretaris kwarcab, dan pentingnya data base pramuka.

Peserta Rapat Koordinasi Sekretaris Kwarcab se-Jatim di Hotel Puncak Ayanna Trawas, Mojokerto

Kak Edy Junaedi, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo, peserta kegiatan ini, mengaku sangat menunggu kegiatan ini. “Bisa saling berbagi antar sekretaris kwartir cabang se Jatim tentang beberapa potensi masalah, kondisi, dan kendala tiap kwarcab,” kata Kak Edy Junaedi, yang baru sebulan menjadi sekretaris kwarcab Probolinggo.

Kak Edy juga berharap semoga rakor seperti ini tidak hanya awal dan terakhir digelar. “Semoga ada kelanjutan atau dijadikan kegiatan rutin minimal 3 bulanan untuk meminimalkan kendala dan hambatan dalam pengelolaan kwarcab di kabupaten/kota di Jatim,” ujar Kak Edy, yang sebelumnya aktif sebagai Humas Kwarcab Probolinggo.

Penulis: Armynila, Zamroni

Berbagi

One thought on “Rapat Koordinasi Sekretaris Kwarcab se Jatim Digelar di Trawas

  • December 4, 2019 at 10:14 am
    Permalink

    Salam Pramuka

    semoga tidak berhenti hanya di sekretaris kwarcab saja, ilmunya bisa sampai ke kwarran dan ke gugusdepan. jujur harus kami akui bahwa kami sangat membutuhkan pelatihan tentang administrasi gugusdepan. format administrasi yang ada di gugusdepan sudah lengkap berdasarkan jukran yang ada, namun dalam implementasinya masih perlu pendampingan.
    kami menunggu dari kwarda, kwarcab, maupun kwarran semoga mengadakan kegiatan untuk administrasi gugusdepan. kami sangat mendukung demi kemajuan Gerakan Pramuka di masa yang akan datang.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares