Rizqi Fadhil Ramadhan, Pramuka Penggalang Teladan yang Atlet Panahan dan Taekwondo

Pramuka, atau Praja Muda Karana, adalah kaum muda yang suka berkarya. Seperti halnya Pramuka Penggalang Teladan dari Gugus Depan 01.005 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya ini. Rizqi Fadhil Ramadhan, namanya.

Pramuka kelahiran Surabaya, 16 Oktober 2004 ini tidak hanya aktif dalam kepramukaan sehingga meraih tingkatan tertinggi dalam pramuka penggalang. Rizki Fadhil Ramadhan juga aktif dalam beberapa cabang olahraga.

“Selain Pramuka Penggalang Teladan 2019, saya juga aktif olah raga panahan dan beladiri taekwondo. Saya berhasil memenangi banyak kejuaraan panahan dan taekwondo,” kata Rizqi Fadhil Ramadhan.

Diantaranya adalah Juara 1 Panahan Compound  30 meter tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 dan Juara 1 Taekwondo “Airlangga Cup” Se-Jawa Bali tahun 2014.

Penghobi membaca, berenang, bersepeda, dan bermain game ini juga berhasil menjadi Juara 2 Taekwondo “Airlangga Champion Cup” se-Jawa Bali tahun 2015, Juara 3 Panahan Paralon 5 meter tahun 2016, dan Juara 1 Panahan Paralon 5 meter “Surabaya Archery Cup” Se- Surabaya tahun 2016.

Dia juga meraih Juara 3 Taekwondo “Soedirman Cup” tingkat Nasional tahun 2015, Juara 1 Taekwondo “Mahameru Cup” Se-Jawa Bali tahun 2015 dan Juara 2 Seni Patung tingkat Kota Surabaya tahun 2018.

Rizqi Fadhil Ramadhan, baris kedua tengah, bersama 10 orang pramuka penggalang teladan 2019 dari Gudep 01.005-01.006 pangkalan SMPN 1 Surabaya

Bagi Rizqi Fadhil Ramadhan, proses yang harus dia lalui dalam menempuh pramuka penggalang garuda tahun 2018 cukup menantang. “3 hari sebelum seleksi pramuka penggalang garuda oleh Kwarcab Surabaya, saya sakit karena tulang tangan seolah bergeser akibat jatuh,” kata Rizqi Fadhil Ramadhan, yang alumni SDN Mojo III Surabaya ini.

Keinginan menggebu untuk bisa menjadi pramuka penggalang garuda juga sempat membuatnya menjadi ketakutan. “Saat mendirikan tenda pada proses seleksi, saya merasa tidak konsentrasi karena gugup. Takut gagal menjadi pramuka penggalang garuda,” terang Rizqi Fadhil Ramadhan.

Dia juga sempat merasa tidak percaya diri ketika akan melakukan penampilan seni. “Pada saat seleksi pramuka penggalang garuda, saya merasa tidak percaya diri ketika menampilkan taekwondo dance. Khawatir malah ditertawakan peserta lainnya,” dia menuturkan. Namun, semua kekhawatirannya itu berujung manis dengan dinyatakan lolos sebagai pramuka penggalang garuda tahun 2018.

Sementara itu, diantara tanda kecakapan khusus yang berhasil dia dapatkan adalah Berkemah, Memasak, Membaca, Pengamat, Sholat, P3K, Penata Meja makan, Qor’i, Penata Rumah, Renang, Bersepeda, Berkebun, Menabung, dan Gerak Jalan.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *