Sharla Martiza Herlambang, Pramuka Penggalang Teladan

Pramuka penggalang yang satu ini gemar berolah raga. Berenang dan bola basket adalah hobinya selain bernyanyi. Beragam kejuaraan bola basket dia menangkan bersama tim basket SMP Negeri 1 Surabaya, sekolahnya. Dialah Sharla Martiza Herlambang.

Pada Hari Pramuka ke-58, Agustus 2019 lalu, dia meraih penghargaan Pramuka Penggalang Teladan 2019 sebagai anggota pramuka Gugusdepan 01.006 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya. Setahun sebelumnya, dia berhasil meraih meraih pramuka penggalang garuda.

Bagi putri pasangan Ernest Herlambang dan Nur ‘Aini ini, momen yang paling berkesan sebagai anggota pramuka adalah saat perkemahan sebelum pelantikan garuda. “Kami mendirikan tenda sendiri. Tetapi karena banyak yang mengalami kesusahan, kami saling membantu tenda-tenda anak Spensa,” kata Sharla Martiza Herlambang.

Saat membuat kerajinan, pada momen yang sama, juga menjadi pengalaman berkesan. “Banyak calon garuda dari Spensa yang kekurangan bahan ketrampilan. Kami pun saling memberi bahan kepada yang lain sehingga hasilnya maksimal,” tutur Sharla yang lahir di Surabaya, 14 Juni 2004 ini.

Sharla Martiza Herlambang, depan nomor dua dari kanan, bersama pramuka Penggalang teladan dari gudep pangkalan SMPN 1 Surabaya

Momen saat kegiatan memasak bersama pada perkemahan sebelum pelantikan garuda itu sangat berkesan baginya. “Ada salah satu teman yang takut kompor dan api. Saat masak, saya membantu menyalakan kompornya. Masakan saya jadi gosong. Tawa kami pun pecah,” terang pramuka yang tinggal di Jl. Banyu Urip Kidul II no. 29 Surabaya.

Dari hobi yang digemarinya, dia berhasil meraih Juara 1 Lomba Menyanyi CMN 2017, Juara 1 Lomba Basket Sibba Cup Kota Gresik 2019, Juara 1 Lomba Basket Vita School 2018, dan Juara 1 Dinas Pendidikan Surabaya Cup 2019. Prestasi lainnya adalah Juara 2 Lomba Station IV di SMKN 5 Surabaya 2017 dan Juara Pionering Medan Galang Universitas Adi Buana 2019.

Sharla juga dikenal akrab sebagai pemimpin sejak aktif pramuka siaga. Saat di gugusdepan yang berpangkalan di SDN Kaliasin III Surabaya (2012 – 2014), dia menjadi pemimping barung. Saat penggalang di pangkalan yang sama, dia menjadi pemimpin regu. Saat di pangkalan SMPN 1 Surabaya (2017-2019), dia bahkan menjadi pemimpin regu utama.

Bagi Kak Djumiran, pembina Gugusdepan 01.005, pangkalan yang sama, Sharla mempunyai ketegasan dalam sikap memimpin pasukan. “Dia memperlihatkan kedisiplinan dalam aktifitas di gugus depan serta bisa membantu administrasi gugus depan. Dia rajin beribadah tanpa ditegur dan disuruh oleh orangtua,” ujar Kak Djumiran.

Penulis: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares