Warda Athira Sugiharto, Pramuka Siaga Teladan yang Jago Matematika

Warda Athira Sugiharto, pramuka siaga dari Gugus Depan 01-048 pangkalan SD Muhammadiyah Ponorogo ialah satu diantara dua pramuka siaga yang mendapatkan penghargaan individu langsung dari Kamabida Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Khofifah Indar Parawansa, yang juga Gubernur Jawa Timur.  

Lencana Teladan, penghargaan tertinggi bagi peserta didik Gerakan Pramuka, disematkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Apel Besar Hari Pramuka ke-58 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (14/8/2019) lalu. Ribuan pasang mata yang menyaksikannya.

Warda Athira Sugiharto

Bagi Kak Eko Setiawan, pembina Gugus Depan 01-047 pangkalan yang sama, SD Muhammadiyah Ponorogo, Warda Athira Sugiharto ialah anak mandiri. Menurut Kak Eko, Warda juga cakap dalam melaksanakan tugas, ramah dan menyenangkan dalam pergaulan.

“Warda mempunyai banyak prestasi, khususnya akademik. Diantara prestasi Warda adalah memenangi Thailand Internasional Matematic Olympiad di Thailand. Sangat menonjol karena anaknya aktif dalam banyak hal. Bisa menjadi teladan untuk anggota perindukannya,” kata Kak Eko Setiawan.

Selama pelaksanaan Apel Besar Hari Pramuka ke-58 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, senyuman nampak terus berkembang dari bibir Warda. “Alhamdulillah saya bisa menambah prestasi sebagai Pramuka Siaga Teladan. Sebelumnya saya memenangi lomba Matematika tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan internasional,” kata Warda Athira Sugiharto, yang lahir di Ponorogo, 29 September 2009.

Warda bersama Ketua Kwarcab Ponorogo dan Masruri Satriyo Kurniawan pada Apel Besar Hari Pramuka ke-58 di Gedung Negara Grahadi Surabaya

Putri pasangan Anton Sugiharto dan Ika Susilawati ini sangat aktif pramuka. Dia dikukuhkan sebagai anggota pramuka pada 29 September 2016. “Saya aktif sebagai pengurus Dewan Siaga Gudep 01-048 masa bakti 2017- 2018 dan 2018 – 2019 yang berpangkalan di SD Muhammadiyah Ponorogo,” terang Warda Athira Sugiharto, yang tinggal di Jl. Parang Kembang No. 4, Kelurahan Patihan Wetan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo.

Dia terhitung tiga kali mengikuti Pesta Siaga. Dia juga pernah mengikuti perkemahan satu hari pada 14 Juli 2018. “Saya dilantik menjadi Pramuka Siaga Garuda pada tahun 2018,” kata Warda Athira Sugiharto, yang pernah mengikuti Gladian Pemimpin Barung 2018 ini.

Warda saat menerima Lencana Teladan dari Gubernur Jawa Timur pada 14 Agustus 2019

Prestasi akademiknya seabrek. Diantaranya Gold Award Thailand International Mathematical Olympiad 2019, Medali Perak Kelas 3 Pusat Belajar Anak Bangsa 2019 se Jatim-Jateng, Medali Perak Hidayatullah Mathematics and Science Olympiad (HIMSO) III Nasional 2019, dan Gold Award Thailand International Mathematical Olympiad 2019 for Outstanding Achievment in Primary 3 TIMO Head Round 2018-2019.

Dia juga berhasil meraih Medali Emas Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se Indoneisa Ke-13 2018, Medali Perak kelas 3 Olympiade Matematika Tingkat SD/MI se Jawa Bali 2018 HIMAPRODI Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, dan Gold Award Hong Kong International Mathematical Olympiad 2018 for Outstanding Achievment in Primary 2 TIMO Head Round 2018. Masih bagi lagi prestasi akademik, khususnya Matematika, lainnya.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *