Desa Kawisrejo dan Desa Tenggilis Pasuruan Dihijaukan

Aksi penanaman pohon mewarnai hari kedua, Sabtu (25/1/2020), pelaksanaan Biada Alam I yang diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Pasuruan. Aksi penanaman pohon hari kedua ini dilaksanakan di Desa Kawisrejo Kecamatan Rejoso dan Desa Tenggilis Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan.

Pimpinan Saka Wanabakti Provinsi Jawa Timur Kak Iwan yang ikut serta aksi ini menyatakan bangga dengan peran serta aktif Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Pasuruan dalam menghijauan desa-desa sekitar. 

“Kami sangat mengapresiasi peran aktif Saka Wanabakti Pasuruan ini yang mengajak banyak gugusdepan dan masyarakat setempat untuk menghijaukan desa,” kata Kak Iwan, Pimpinan Saka Wanabakti Pasuruan.

Pohon sirsat, bambu, jambu, dan asam ditanam di Desa Kawisrejo dan Desa Tenggilis, Kabupaten Pasuruan

Sekitar 2500 pohon disiapkan untuk penanaman di dua desa ini. Pohon tersebut berjenis bambu, asam, jambu, dan sirsat. Pohon-pohon tersebut adalah bantuan dari BPDASHL Brantas. Di Desa Kawisrejo dan Desa Tenggilis, pohon-pohon tersebut ditanam di lapangan desa yang masih minim pepohonan.

Karang taruna, kelompok tani desa, koramil, polsek dan pengurus desa setempat terlibat dalam aksi penanaman pohon bersama para anggota pramuka penegak dari beberapa gugusdepan pangkalan SMA/SMK dari Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Banyuwangi dan Ngawi ini. 

“Melalui penanaman pohon yang melibatkan warga setempat ini diharapkan masyarakat menjadi lebih peduli dengan keberlangsungan pepohonan yang ditelah ditanam. Semoga banjir tidak akan lagi terjadi di dua desa ini,” kata Pamong Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Pasuruan Kak Mukhamad Fatkhan. 

Aksi bersih-bersih sampah plastik di Desa Tenggilis juga dilakukan peserta Biada Alam I

Sementara itu, aksi bersih-bersih sampah juga nampak dilakukan oleh peserta Biada Alam I seusai aksi penanaman kedua di Desa Tenggilis. Sampah-sampah yang dibersihkan itu berada di bawah gazebo tepi lapangan desa. Sampah plastik kemasan makanan dan minuman sekali pakai nampak mendominasi sampah yang menumpuk selama beberapa tahun itu.

Program lingkungan hidup Biada Alam I ini diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Pasuruan bersama Kwarda Jatim, Dinas Kehutanan Jatim, Saka Wanabakti Jatim, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Lumajang, Kwarcab Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, BPDASHL Brantas Sampean, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pasuruan dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Biada Alam I ini juga didukung oleh PT. Tirta Investama Keboncandi (Aqua – Danone), Tunas Hijau Indonesia, SMA Negeri 1 Gondangwetan dan Cubie Spot.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *