Shendy Aurelya Chandra Pertiwi, Pramuka Penggalang Teladan 2019

Ribuan pasang mata menjadi saksi saat Gubernur Jawa Timur, yang juga Kamabida Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Khofifah Indar Parawansa, menyematkan Lencana Teladan pada gadis ini. Shendy Aurelya Chandra Pertiwi, namanya. Dia satu diantara 11 Pramuka Penggalang Teladan 2019 dari Jawa Timur.

Penyematan Lencana Teladan itu dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Penyematannya pada Apel Besar Hari Pramuka ke-58 Provinsi Jawa Timur, 14 Agustus 2019. 

“Tentu saya sangat bangga lolos menjadi pramuka teladan. Apalagi penyematan lencana dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur,” kata Shendy Aurelya Chandra Pertiwi, anggota pramuka Gugusdepan 01.006 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya ini.

Shendy mengaku bahwa dia aktif pramuka sejak di sekolah dasar. “Dulu di SDN Kaliasin III Surabaya sudah aktif lalu, di SMPN 1 Surabaya banyak teman SD yang masuk SMPN 1 dan melanjutkan aktif pramuka. Saya jadi juga melanjutkan. Pengaruh teman juga,” jelas remaja yang tinggal di Jl. Jambangan III/2 Surabaya.

Diantara tanda kecakapan khusus pramuka (TKK) yang dimiliki Shendy Aurelya Chandra Pertiwi adalah TKK Berkemah, TKK Berenang, TKK Berkebun, TKK Sholat, TKK Bersepeda, TKK Menjahit, TKK Menabung, TKK Penjelajahan, TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, TKK Pengamat, TKK Pengatur Rumah dan TKK Penata Meja Makan.

Shendy, paling kanan depan, bersama para pramuka penggalang teladan dari Jawa Timur yang semuanya berasal dari pangkalan SMPN 1 Surabaya

Beragam kejuaraan dimenangkan oleh Shendy. Diantaranya Juara 2 Lomba Station IV SMK Negeri 5 Surabaya 2017, Juara Umum Lokatiga 2 SMK Negeri 2 Surabaya 2019, Juara 2 Lomba Penggalang Tangguh Universitas PGRI Adibuana 2015, dan Juara 1 Lomba Penjelajahan YBBS 2015.

Kejuaraan lainnya yang dimenangkan oleh Shendy adalah Juara 1 Lomba Yel-Yel Surabaya Eco School Tunas Hijau 2015, Juara 1 Lomba Memanah STATION SMKN 5 Surabaya 2018, Harapan 1 Lomba Basket Vita Cup 2018, Juara 2 Pionering Medan Galang Universitas Adibuana 2019 dan Juara 2 SIBBA Cup Semen Indonesia BA 2019.

Shendy juga sangat aktif mengikuti beragam kegiatan pramuka sejak masih di pangkalan SD Negeri Kaliasin III Surabaya, kini bergabung menjadi SD Negeri Kaliasin I Surabaya. Di antaranya mengikuti East Java Scout Challenge Kwarda Jatim 2015 dan Indonesia Scout Challenge Kwarda Jatim 2016.

Gubernur Jawa Timur saat menyematkan Lencana Teladan kepada Shendy di Gedung Negara Grahadi Surabaya

Bagi Kak Djumiran, pembina Gudep 01.005 pangkalan SMPN 1 Surabaya, yang juga pembinanya sejak SD, Shendy berperan aktif dalam pelatihan di gugusdepan. “Dia bisa memberi teladan yang baik bagi teman sebaya dalam pasukan penggalang di sekolah, keluarga dan masyarakat sekitar,” kata Kak Djumiran. 

Sementara itu, Shendy berpesan agar anak-anak dan remaja seusianya aktif pramuka. “Dengan aktif pramuka kita bisa menambah banyak teman dari sekolah lain, provinsi lain dan juga seluruh negara di dunia juga,” tutur putri pasangan Ary Susanti dan Marsito Adhi ini.

Penulis: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares