13 Pasien Positif Covid19 di Surabaya Sembuh dari 41 Pasien Positif

Sebenarnya virus Covid-19 ini bisa sembuh dengan sendirinya, asal tidak panik dan khawatir terinfeksi virus jika memiliki imunitas yang kuat. Mereka yang sudah terlanjur terpapar virus corona alias Covid-19 ini juga bisa sembuh.

Virologist atau pakar virus Drh. Moh. Indro Cahyono mengatakan pasien Covid-19 yang sembuh dipastikan benar-benar sehat. Dia menjelaskan tubuh manusia memiliki sel memori yang bisa menyimpan seluruh data virus yang pernah masuk ke tubuhnya.

“Inti dari kekebalan tubuh ada di sel memori. Dia akan menyimpan seluruh data tentang virus yang masuk ke tubuh,” papar Indro seperti yang dikutip dari kanal YouTube The Hermansyah A6.

Menurutnya, apabila pasien Covid-19 memiliki kekebalan tubuh yang baik, selalu berfikir positif, bahagia dan tidak panik, maka dalam waktu 7 hari, antibodi akan semakin tinggi dan menyerang balik virus. Setelah hari ke-14, tubuh berangsur-angsur membaik dan menjadi lebih kebal.

Jika virus yang sama kembali menyerang, dia menuturkan, tubuh akan mampu memproteksinya. Karena memiliki data dari sel memori. Sehingga, tubuh tak memerlukan waktu 7 hari lagi, agar meningkatkan antibodi untuk menyerang virus.

Dengan alasan itu, menurut Indro, diperlukan imun tubuh yang sehat untuk menangkal virus tersebut. “Kalau sebagian penduduk sudah kebal, virus ini akan mati. Karena begitu dia masuk, akan dikalahkan antibodi kita dan dia habis,” terang Indro.

Indro menyarankan untuk tetap menjaga imunitas tubuh. Tujuannya, tentu supaya tidak rentan terserang virus corona. Diantaranya dengan konsumsi vitamin C dan E. Kedua jenis vitamin ini cukup untuk memproduksi antibodi atau imunitas tubuh untuk melawan berbagai virus, termasuk covid-19.

Jadi, menciptakan suasana bahagia atau tidak cemas adalah pondasi yang kuat untuk melawan Covid-19. Berolah raga rutin dan terus menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan sekitar juga akan membuat virus akan pergi meninggalkan kita. InsyaAllah.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *