Semarak Hari Tunas Gerakan Pramuka 2020 di Jatim

Lebih dari 500 unggahan aksi lingkungan hidup didapati melalui instagram dalam rangka Hari Tunas Gerakan Pramuka oleh pramuka di Jawa Timur. Aksi-aksi lingkungan hidup itu dilakukan serentak pada akhir pekan, Sabtu (7/3/2020) dan Minggu (9/3/2020).

“Ada tiga jenis aksi lingkungan hidup yang menjadi prioritas untuk dilakukan bersama pramuka di Jawa Timur itu. Yaitu aksi pembuatan lubang resapan biopori, bersih-bersih saluran air dan tanam pohon,” kata Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni.

Penentuan ketiga jenis aksi lingkungan hidup untuk dilakukan di Jawa Timur bukan tanpa alasan. “Kita masih memasuki bulan ketiga musim penghujan. Melalui aksi ini diharapkan bisa mencegah banjir di sisa musim penghujan ini,” tutur Kak Zamroni.

Pembuatan lubang resapan biopori yang diharapkan dilakukan juga diprioritaskan di parit atau saluran air hujan. “Parit atau saluran air hujan adalah target utama sebenarnya pembuatan lubang resapan biopori. Bukan di lahan terbuka atau taman,” terang Kak Zamroni.

Menurutnya, dengan pembuatan lubang resapan biopori di parit atau saluran air hujan, maka pasti bisa meresapkan sangat banyak air hujan ke dalam tanah. “Parit pasti dilalui air hujan. Sebelum dialirkan ke sungai, maka sebaiknya air hujan diresapkan dulu ke dalam tanah melalui biopori di parit,” jelas Kak Zamroni.

Aksi-aksi lingkungan hidup dalam rangka Hari Tunas Gerakan Pramuka di Jawa Timur 2020 ini dilombakan. Harapannya bisa mengajak semakin banyak gugusdepan untuk ikut serta melakukan aksi nyata.

Indikator penentuan terbaiknya adalah dari capaian hasil dari aksi lingkungan hidup yang dilakukan. Di antaranya adalah jumlah pohon yang ditanam, jumlah sampah yang dikumpulkan/diolah, dan jumlah lubang resapan biopori yang dibuat.

Dari semua unggahan instagram dengan #haritunaspramukajatim2020 Ambalan Antasari Malahayati Gugusdepan 19.119-19.120 pangkalan SMA Negeri 1 Paiton, Kabupaten Probolinggo terpilih menjadi juara I. Akun instagram gudep ini adalah @ambalan_antasarimalahayati.

Gugusdepan yang berpangkalan di SMA Negeri 1 Paiton ini berhasil membuat 31 lubang resapan biopori baru. Mereka juga menanam 25 tanaman rimpang yang bisa berfungsi meningkatkan imun tubuh mencegah wabah corona. 17 pohon kelor baru juga berhasil mereka tanam. Aksi bersih-bersih saluran air dan pembuatan ecobrick termasuk juga aksi yang dilakukan gugusdepan ini.

Ambalan Panglima Sudirman dan Raden Ajeng Kartini Gugusdepan 11.087-11.088 pangkalan SMAN 1 Gending, Kabupaten Probolinggo terpilih menjadi juara II. Gudep dengan akun instagram @ambalan_sudirman.kartini ini menanam 63 tanaman buah dan 1 pohon tunas kelapa.

Gugusdepan 09.037-09.038 pangkalan SMPN 3 Babat, Kabupaten Lamongan terpilih menjadi juara III. Gugusdepan menanam 30 pohon cemara udang dan trembesi di dalam dan di luar sekolah (sisi utara Jl. Raya Gembong- Babat – Surabaya KM 6). Laporan aksi gudep ini disampaikan melalui akun instagram @rnbima01.

Kak Zamroni menjelaskan bahwa sebenarnya aksi lingkungan hidup dari lebih 500 unggahan instagram #haritunaspramukajatim2020 sangat beragam dan berkualitas. “Namun, tidak semua menyertakan hasil terukur berupa angka,” tambahnya.

Namun, aksi lingkungan hidup yang banyak dilakukan oleh pangkalan gugusdepan dalam rangka Hari Tunas Gerakan Pramuka ini akan menjadi modal bagus. “Kita akan membuat aksi lingkungan bersama yang lebih besar secara serentak untuk mencegah bencana lingkungan,” pungkas Kak Zamroni. (*)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *