Akun Instagram dan Twitter Kwarnas Diretas

Akun resmi media sosial Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mendadak menghilang dari peredaran, Kamis (16/4/2020). Kakak-kakak anggota pramuka di mana pun berada. Mohon menjadi perhatian, bahwa akun resmi Kwarnas, tiba-tiba hilang,” kata Kak Guritno, Kepala Pusat Informasi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dua akun media sosial Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang hilang itu adalah Instagram: @gerakanpramuka dan Twitter: @kwarnas. “Dugaan sementara akun tersebut diretas,” tambah Kak Guritno.

Untuk Twitter @kwarnas sudah kembali live, namun tidak bisa diakses oleh admin Kwarnas. “Akun Instagram @GerakanPramuka terakhir dengan jumlah follower-nya hampir 251.000. Untuk itu mohon semua berhati-hati, karena semua data akun follower IG @gerakanpramuka bisa diakses oleh peretas,” ujar Kak Guritno.

Kak Guritno juga menghimbau semua anggota pramuka bisa menyampaikan kabar ini kepada semua jajaran Gerakan Pramuka di mana pun. “Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Kak Guritno.

Mengantisipasi akun lama tidak kembali, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyiapkan akun instagram yang baru, yaitu @kwarnasgerakanpramuka untuk sementara, agar tetap bisa share info kegiatan,” jelas Kak Guritno. 

Menurut pemantauan Humas Kwarda Jatim, Kamis (16/4/2020), semua unggahan pada akun instagram @gerakanpramuka menghilang. Yang nampak hanya detil profil. Namun, pada Jumat (17/4/2020) dan Sabtu (18/4/2020) semua unggahan kembali nampak. Terakhir posting Rabu (15/4/2020). Namun, sepertinya tidak bisa diakses oleh admin kwarnas.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *