Hutan Bambu Keputih, Surabaya

Kota Surabaya juga memiliki Hutan Bambu loh. Lokasinya di Keputih, Kecamatan Sukolilo, sebelah terminal Keputih. Hutan ini asri sekali. Hutan ini termasuk dalam 40 hektar kawasan ruang terbuka hijau di kawasan itu. 

Yang unik dari Hutan Bambu ini adalah lahan yang digunakan. Lahan di bawah Hutan Bambu Keputih ini adalah bekas tempat pembuangan akhir sampah Keputih Surabaya. Terakhir beroperasi pada tahun 2001.

Hutan Bambu Keputih ini sangat sering digunakan untuk foto pre-wedding. Termasuk juga foto dan aktivitas outdoor yang lainnya. Biaya yang harus dibayarkan untuk masuk ke lokasi ini juga sangat murah. Hanya Rp. 2000 untuk parkir motor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

Hutan Bambu Keputih, Surabaya ini berada di atas gunungan sampah plastik bekas tempat pembuangan akhir sampah Keputih yang berumur lebih dari 19 tahun. Foto oleh eunikechristianty/instagram

Kegiatan keluarga sangat layak digelar di Hutan Bambu ini. Termasuk juga kegiatan sekolah atau kegiatan kepramukaan. Ini sekaligus bisa menjadi edukasi lingkungan bagi anggota keluarga dan peserta didik.

Sebab, di balik rimbunnya pepohonan bambu yang sudah berumur lebih dari 10 tahun itu, tumpukan sampah plastik yang sudah berumur lebih dari 19 tahun masih utuh. Sampah plastik yang awet itu mengajak kita untuk meminimalkan produksinya.

Foto utama oleh: anandaoktaviano/instagram

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *