Kwarcab Pramuka se-Jatim Bantu Pencegahan Covid19

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur terlibat aktif membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid19, yang sudah menjadi pandemi global. Seperti diketahui, virus Covid19 ini membawa korban nyawa di Jawa Timur.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) kabupaten/kota se-Jawa Timur dilibatkan secara aktif untuk membantu pemerintah kabupaten/kota masing-masing. Umumnya keterlibatan kwarcab se Jawa Timur pada pencegahan Covid19 ini melalui pramuka peduli  atau brigade penolong kwarcab masing-masing. Ada juga yang melibatkan satuan karya. 

Aksi ini dilaksanakan selama tanggap darurat virus Covid19 hingga Mei 2020. Di antara jenis aksi yang dilakukan adalah penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu tubuh, penyediaan sarana cuci tangan, pembagian masker dan pembagian sembako.

Saka Bhayangkara Kwarcab Kota Malang bersinergi dengan PITI Malang Raya, Lions Club Brawijaya pada kegiatan Peduli Covid-19, Jumat (3/4/2020).

Wakil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, Kak AR Purmadi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di berbagai tempat. Di antaranya masjid, kantor pemerintah, kantor Kwarda Jatim, Gedung Negara Grahadi, dan tempat-tempat lain di tiap kabupaten/kota yang memungkinkan menjadi tempat berkumpulnya banyak orang.

Kak AR Purmadi mengingatkan keharusan penggunaan alat pelindung diri bagi pramuka yang terlibat aksi ini. “Karena bencana ini non alam, maka anggota pramuka peduli dan brigade penolong harus senantiasa menjaga keselamatan diri dan berdisiplin mengenakan alat pelindung diri,” kata Kak AR Purmadi.

Setiap anggota pramuka yang terlibat juga harus melakukan aksinya sesuai arahan Badan Penanggulangan Bendaca Daerah (BPBD) kota/kabupaten dan provinsi. “Harus selalu jaga jarak antar petugas. Termasuk jarak dengan warga. Sempatkan edukasi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tambah Kak AR Purmadi.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur ini juga mengajak seluruh anggota pramuka dan masyarakat untuk senantiasa berdoa. “Semoga Covid19 ini segera berakhir,” ujar Kak AR Purmadi. 

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *