Pesona New Zealand di Ngoro, Mojokerto

Ranu Manduro, yang merupakan tempat wisata di Mojokerto, mendadak ramai diperbincangkan warganet pada awal tahun 2020.
Kawasan perbukitan di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto ini viral di media sosial Twitter dan Instagram. Lanskapnya yang indah seperti lanskap di negara New Zealand.

‘Feeling good, like I should’ sebaris lirik lagu dari Surfaces, Sunday Best ini menjadi lagu latar video Ranu Manduro, Mojokerto yang beredar di media sosial. Orang-orang pun menyebut tempat yang foto dan videonya viral ini dengan Feeling Good.

Di tempat ini, kamu bisa menemukan hamparan perbukitan hijau dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang tampak gagah. Lalu, ada pula bebatuan besar menghiasi bentangan rumputnya.

Alamnya nampak masih sangat alami. Pemandangan langit yang biru tanpa kabut polusi juga bisa dinikmati di kawasan ini. Awan putih justru tampak bermain di sekitar puncak gunung. Sekilas, terlihat seperti lanskap indah Selandia Baru. 

Lokasi ini sempat dibuka dan ditutup untuk umum. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Mojokerto, Amat Susilo menyebutkan jika Pemkab Mojokerto tidak melarang para pengunjung untuk pergi ke sana. Namun, keputusan sepenuhnya berada di tangan penguasa atau pemilik lahan tambang tersebut. 

Sebelumnya pemilik lahan Ranu Manduro sudah melarang adanya kunjungan ke tempat itu. Namun Susilo mengatakan jika masih banyak warga setempat yang masih membuka kawasan ini untuk umum. 

Susilo menjelaskan bahwa tempat itu sebenarnya bukan tempat wisata melainkan lokasi pertambangan yang masih aktif. Pemkab Mojokerto menyerahkan kepada pemilik lahan karena dia yang berhak atas lahan tersebut karena di situ merupakan wilayah pertambangan. 

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *