Pramuka dan OSIS SMKN 1 Situbondo Bagikan Masker kepada Masyarakat Sekitar

Dewan Ambalan Pandu Alam Adhiyaksa Gudep 08.063 – 08.064 pangkalan SMK NEGERI 1 bersama OSIS SMKN 1 Kabupaten Situbondo kembali melakukan aksi peduli pandemi global COVID-19, Kamis (9/4/2020).

Aksi yang mereka lakukan pada tahap awal ini adalah membagikan 400 masker kepada masyarakat sekitar sekolah. Tepatnya di Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo

“Pembagian tahap kedua akan kami targetkan di tempat lain yang membutuhkan,” kata Kak Vingga Dayska Lugirianti, pembina Gudep 08.063 – 08.064 pangkalan SMK NEGERI 1 Kabupaten Situbondo.

Kak Vingga menjelaskan bahwa target awal pembagian masker sebenarnya adalah kepada seluruh siswa, guru dan masyarakat sekitar. “Namun, melihat kondisi sekarang, kami ragu bahwa sekolah akan kembali aktif dalam waktu dekat,” ujar Kak Vingga.

Selain pembagian masker, mereka juga memberikan edukasi tentang bahaya Covid-19 kepada masyarakat yang masih kurang paham. “Kami juga menyampaikan pesan untuk menjaga kebersihan dan selalu menjaga jarak dengan orang lain selama pandemi global Covid-19 ini,” tutur Kak Vingga.

Anjuran untuk selalu mencuci tangan tidak lupa disampaikan oleh tim gabungan Pramuka dan OSIS SMKN 1 Situbondo ini. “Kami ingatkan masyarakat agar segera ganti baju setelah keluar rumah. Termasuk membiasakan berjemur pada pagi hari, dan menyediakan disinfektan di rumah,” jelas Kak Vingga.

Menurut Kak Vingga, masyarakat di sekitar SMKN 1 Situbondo mayoritas pekerjaannya adalah pelihara sapi kambing, tukang bangunan, sopir dan kuli pasir. “Jadi sangat perlu mendapatkan edukasi mengenai bahaya Covid-19,” pungkas Kak Vingga.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *