Aksi Kolaborasi BP-1305 Putus Rantai Corona

Sebagai unit Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar dalam penanggulan bencana, Brigade Penolong 1305 ( BP-1305) turut serta dalam usaha memutus rantai penyebaran Virus corona di Kabupaten Blitar. Aksi kolaborasi Bersama dengan Dewan Kerja Ranting Pramuka Penegan dan Pandega Kecamatan Gandusari ini menyasar ratusan rumah dan puluhan fasilitas umum di Jalan Protokol sepanjang Gandusari wilayah Timur ( 10/5/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Desa Soso hingga Krisik ini, diawali Apel yang diterima Ketua BP-1305, R.Opsi Subroto, SE. dan Perangkat Desa, Dwiono di Kantor Desa Soso Kecamatan Gandusari. Dalam sambutanya Dwiono menyampaikan apresiasinya kepada Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar yang telah berperan aktif melakukan pengabdian masyarakat. Menurutnya, kegiatan ini selain menunjukan eksistensi juga akan dirasakan langsung masyarakat. Oleh karena itu pihaknya berharap penyemprotan ini dapat menyisir fasilitas umum, dan rumah warga serta area lain.

Hal senada disampaikan Ketua BP-1305, R.Opsi Subroto, SE., menurutnya kegiatan semacam ini telah dilakukan sebelumnya di wilayah Kecamatan Doko, Wlingi dan akan terus dilakukan secara berkala dan massif. Lebih lanjut ditambahkan, anggota pramuka yang ada hingga tingkat desa bahkan RT/RW merupakan potensi kuat dalam usaha mengakhiri pandemi ini. Selain penyemprotan, potensi ini juga efektif digerakan untuk sosialisasi terkait protocol kesehatan. Untuk menunjang hal tersebut masing-masing anggota yang bertugas dibekali masker untuk diberikan kepada masyarakat yang bekum sadar akan pentingnya memakai masker untuk menghambat penularan virus.

Aksi ini mendapatkan respons positif dari masyarakat. Selain apresiasi warga memberikan berbagai hasil panen kepada anggota yang bertugas berupa, buah-buahan, susu sapi, serta ta’jil. Kedepan masyarakat dihimbau semakin taat dengan himbauan pemerintah untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing. (Warno)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *