Peduli COVID-19, Pramuka Jatim Bagikan 4000 Paket Bahan Makanan

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Timur membagikan lebih dari 4000 paket bahan makanan kepada masyarakat terdampak corona. Aksi ini untuk mengurangi dampak sosial dari pandemi COVID-19 di Jawa Timur. 

375 dari 4000 paket bahan makanan itu didistribusikan langsung oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka melalui Brigade Penolong 13 Kwarda Jatim dan Satgas Pramuka Peduli Surabaya.

Satgas Pramuka Peduli Surabaya sedang mengemas paket bahan makanan di Kwarda Jatim

Waka Kwarda Jatim Kak AR Purmadi memimpin penyerahan simbolis bantuan 375 paket bahan makanan itu kepada masyarakat terdampak di sekitar kantor Kwarda Jatim, Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, Senin (18/5/2020).

Distribusi 375 paket bahan makanan ini dilakukan pada 18 – 19 Mei. “Kwartir cabang di 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur juga melakukan aksi yang sama. Ini sebagai bentuk kepedulian Pramuka terhadap kondisi pandemi COVID-19 saat ini,” jelas Wakil Ketua Kwarda Jatim Kak AR Purmadi.

Kak AR Purmadi menuturkan bahwa aksi ini sebagai wujud memupuk kesalehan sosial anggota pramuka Jawa Timur dengan wabah yang melanda seluruh dunia ini. “Aksi juga untuk mewujudkan program Pemerintah Provinsi Jatim yang mencanangkan ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19,” terang Kak AR Purmadi.

Paket bahan makanan diberikan kepada masyarakat

Protokol kesehatan menjadi acuan dalam pendistribusian bantuan kepada masyarakat ini. “Anggota pramuka yang tergabung dalam Satgas Pramuka Peduli disebar untuk mendatangi masing-masing warga terdampak yang akan menerima bantuan. Tidak mengundang kerumunan massa,” tambah Kak AR Purmadi.

Anggota Satgas Pramuka Peduli juga diminta mengenakan masker dan selalu menjaga jarak dalam pendistribusian ini. “Penggunaan masker menjadi keharusan bagi anggota Satgas Pramuka Peduli dalam bertugas,” ujar Kak AR Purmadi.

Sebelumnya, pada awal masa darurat pandemi COVID-19, Kwarda Pramuka Jawa Timur juga melakukan aksi sosial kepada masyarakat. Aksi itu adalah membagikan hand sanitizer, masker, penyemprotan disinfektan, dan aksi sosial lainnya.

Di antara penerima bantuan paket bahan makanan ini adalah pedagang kecil, tukang parkir, sopir angkutan umum dan anggota pramuka terdampak pandemi COVID-19

“Kami juga memberikan pemahaman atau edukasi akan bahaya dan cara mencegah pandemi COVID-19,” tambah Kak AR Purmadi. Protokol kesehatan menjadi hal penting di saat ini. “Kalau bukan karena Corona tentunya kita tidak akan peduli dengan protokol kesehatan,” pungkas Kak AR Purmadi, Waka Kwarda Jatim.

Pewarta: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *