Moh. Anshori, Pandega Garuda Ketua DKC Kabupaten Kediri

Berawal dari keprihatinan terhadap nasib pertanian di daerahnya, khususnya dalam hal penyemaian benih cabai yang membutuhkan waktu dormasi yang lama, Pramuka Pandega Garuda Kwarcab Kediri ini akhirnya menemukan suatu terobosan. Terobosannya ialah mesin akselerator perkecambahan.

Moh. Anshori, namanya. Dia seorang Pramuka Pandega Garuda yang juga Ketua Dewan Kerja Cabang Kediri pergantian antar-waktu 2018-2021. “Saya prihatin dengan kondisi pertanian di daerah saya, khususnya dalam penyemaian benih cabai,” kata Moh. Anshori.

Dia mengaku melibatkan banyak pihak untuk pembuatan mesin akseletaror ini. “Dengan bekerjasama berbagai pihak, akhirnya bisa tercipta mesin ini,” tutur Moh. Anshori, pramuka yang pernah menyabet sebagai Runner-up Lomba Pemuda Inspiratif Jawa Timur Wilayah Selatan 2019.

Mesin ini dibuat dengan menggunakan alat yang sederhana. Di antaranya adalah jerigen. Manfaat mesin ini, mampu menekan dormansi pada benih cabai. Dormansi adalah saat radikula pada benih cabai gagal tumbuh meski dierami beberapa hari. Sekolah pertanian termasuk yang dilibatkan oleh Anshori untuk mewujudkan alat sederhana bermanfaat ini.

Anshori termasuk pemuda dengan yang aktif dan banyak prestasi. Penghobi membaca buku ini pernah menduduki Finalis Olimpiade Guru Matematika Nasional Tahun 2020. Dia juga pernah menjadi pendamping kontingen Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional di Ambon pada tahun 2016.

Dengan segudang prestasinya, Moh. Anshori mampu meraih Pramuka Pandega Garuda. Suatu pencapaiannya yang istimewa. Pelantikan Pramuka Pandega Garuda dilakukan langsung oleh Ketua Kwarcab Kediri Kakak Masykuri saat peringatan Hari Pramuka 14 Agustus 2019 di Kabupaten Kediri.

Melalui mesin sederhana ini, dia berharap dapat memotivasi diri dan orang lain agar senantiasa mengembangkan potensi yang dimiliki. “Pramuka Garuda adalah wujud apresiasi dari Gerakan Pramuka. Berbakti kepada masyarakat, salah satu pengaplikasiannya,” ujar Moh. Anshori.

Penulis : Silvi Nuryana

Penyunting: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *