Sosialisasi Fitur Baru SIPA kepada Staf Kwarda Jatim dan Admin Kwarcab

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur melanjutkan pengembangan SIPA (sistem informasi pengelolaan anggota Gerakan Pramuka. Sosialisasi Penambahan Fitur Baru SIPA digelar pada pada 23-25 Juni 2020 secara daring melalui zoom meeting.

Andalan Kwarda Jatim Kak Endramawan menyampaikan bahwa SIPA akan sangat bermanfaat untuk membuat sajian data yang sistematis dan real time. “SIPA akan dijadikan aplikasi yang ada di genggaman anggota Pramuka melalui teleponnya masing-masing,” kata Kak Endramawan pada saat Sosialisasi SIPA kepada staf Kwarda Jatim, Selasa (23/6/2020). 

Kepala Bagian Organisasi dan Hukum Kwarda Jatim Kak Mas’ul Hadi menambahkan komitmen Kwarda Jatim untuk terus berbenah, memperbaiki dan menampilkan kemudahan-kemudahan dalam pengoperasian SIPA. 

Admin SIPA dari Kwarcab Ponorogo pada hari kedua Sosialisasi Fitur Baru SIPA, Rabu (24/6/2020)

“Hingga saat ini sudah terdata 2.023.268 anggota pramuka di Jawa Timur. 57.785 gugusdepan, 670 kwartir ranting, dan 38 kwartir cabang,” ujar Kak Mas’ul Hadi saat sosialisasi kepada staf Kwarda Jatim.

Pada hari kedua sosialisasi, Rabu (24/6/2020), giliran admin SIPA dari 38 kwartir cabang se Jatim sebagai peserta. Tiap kwarcab diwakili oleh dua orang sebagai peserta sosialisasi ini. Mereka antusias mengikuti sosialisasi SIPA ini. 

“SIPA dapat digunakan untuk memantau perkembangan Gerakan Pramuka di Jawa Timur secara cepat,” ujar Kak Endramawan pada hari kedua sosialisasi. Tentunya, disampaikan oleh Kak Endramawan, dengan operator di masing-masing kwarcab dan gugusdepan yang cekatan.

“Data yang tersaji melalui SIPA dapat up to date real time saat itu juga. Hal ini sangat memungkinkan validitas data sesuai dengan kondisi lapangan,” imbuh Kak Endramawan, Andalan Kwarda Jatim, kepada peserta sosialisasi hari kedua SIPA.

Admin SIPA dari Kwarcab Kota Blitar pada hari kedua Sosialisasi Fitur Baru SIPA, Rabu (24/6/2020)

Dalam Sosialisasi Fitur Baru kepada admin kwarcab, Kak Mas’ul Hadi menyampaikan bahwa SIPA mampu memudahkan Gerakan Pramuka dalam sistem pendidikan kepramukaan.

“SIPA akan memudahkan gugusdepan, kwartir ranting, kwartir cabang, maupun Kwartir Daerah Jawa Timur. Setiap saat SIPA berkembang sesuai kebutuhan Gerakan Pramuka,” terang Kak Mas’ul Hadi.

Agenda kegiatan mulai gugusdepan, kwartir ranting, kwartir cabang, dan kwartir daerah dapat dipantau dan dilihat secara langsung melalui dash board SIPA Pramuka dengan link sipapramukajatim.or.id.

Penulis: Achmat Maskurochman

Penyunting: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *