Sosialisasi Fitur Baru SIPA pada Administrator Gugusdepan

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Timur terus berupaya agar seluruh anggota Gerakan Pramuka di provinsi ini terdata secara sistematis dengan mengembangkan sistem informasi pengelolaan anggota (SIPA).

Sosialisasi Fitur Baru SIPA III ini dilaksanakan Kamis (25/6/2020). Kali ini pesertanyanya adalah administrator di gugusdepan. Sebanyak 130 pembina pramuka melalui zoom meeting mengikuti sosialisasi ini.

“Saat ini seluruh kwarcab di Jawa Timur telah menginputkan minimal 4.000 anggota pramuka. Ada 5 kwarcab yang capaian anggota masih di bawah 10.000,” ujar Kak Endramawan, Andalan Komisi Organisasi dan Hukum Kwarda Jatim.

Tentu hal ini, menurut Kak Endramawan, perlu kerja keras bersama. “Kita harus segera meningkatkan input data anggota dan selanjutnya menuju ke pengelolaan anggota,” ujar Kak Endramawan, ketua panitia sosialisasi.

Sosialisasi Fitur Baru SIPA secara daring bagi administrator gugusdepan se Jawa Timur

Sosialisasi III ini dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak AR Purmadi. Dalam sambutannya, Kak Purmadi meminta agar administrator gugusdepan solid. 

“Bagaimanapun sistem dibangun dengan baik, maka tetap dibutuhkan administrator yang cakap dan jujur, karena kebenaran data yang tersaji bergantung pada administrator, khususnya admin tingkat gugus depan,” kata Kak AR Purmadi.

Kak AR Purmadi juga meminta seluruh administrator gugusdepan peserta sosialisasi ini saling menguatkan. “Bekerja secara profesional untuk mengabdikan diri pada Gerakan Pramuka,” ujar Kak AR Purmadi.

Menurutnya, masalah data adalah masalah yang selama ini sulit untuk dipecahkan. “Tetapi dengan adanya SIPA ini, telah memberi titik terang tentang akurasi dan update data yang tepat dan tersaji secara transparan,” tutur Kak AR Purmadi. 

Kak AR Purmadi pun mengajak peserta sosialisasi menggelorakan setiap pramuka Jawa Timur punya KTA. “Kwarda Jatim akan berkomitmen untuk menerapkan syarat KTA terintegrasi SIPA dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan Kwarda Jatim,” imbuh Kak Purmadi sebelum mengakhiri sesi sambutannya.

Sementara itu, salah satu narasumber lain, Kak Mas’ul Hadi, menyampaikan bahwa sejak 2017 SIPA dibangun dan di-launching pada Rapat Kerja Daerah Jawa Timur 2018. 

“Telah masuk sampai hari ini, jumlah anggota 2.020.328, gugusdepan berjumlah 57.773, kwarran berjumlah 666. Ini merupakan capaian yang luar biasa,” terang Kak Mas’ul Hadi.

Pada sosialisasi SIPA kali ini disampaikan beberapa fitur baru dan mengulas berbagai fitur yang sudah ada untuk para administrator gugusdepan.

“Perbaikan demi perbaikan terus diupayakan. Semoga sistem ini mampu menggerakkan seluruh komponen kepramukaan untuk semakin maju,” pungkas Kak Mas’ul Hadi, yang juga kepala bagian organisasi dan hukum Kwarda Jatim.

Penulis: Achmat Maskurochman

Penyunting: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *