Empat Arahan Gubernur Jawa Timur Menyikapi Covid-19 dan Hari Pramuka ke-59

Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan sejumlah arahan kepada Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam pertemuannya dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jatim Supratomo, Selasa (21/7/2020). Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menyambut baik arahan Gubernur Jawa Timur itu. 

Arahan pertama, mengadakan ziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Mayjen Sungkono. Hal ini dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sekaligus juga untuk membangun karakter cinta tanah air, patriotisme, dan nasionalisme.

Arahan kedua, mengadakan kreasi lomba vlog. Kehidupan masa kini dan masa depan akan sangat terkait erat dengan dunia digital dan dunia kreatif. Vlog adalah salah satu bidang kreatif yang kini sedang tren. Dengan lomba kreasi vlog diharapkan dapat mendorong generasi masa depan yang kreatif sesuai dengan kebutuhan zaman.

Ketiga, pembagian 500 paket bahan pangan di daerah Kampung Nelayan Sampang dengan melibatkan Saka Bahari. Indonesia termasuk negara maritim yang memiliki kekayaan laut yang melimpah. Namun, bukan berarti semua nelayan memiliki kehidupan yang baik. Faktanya, masih banyak nelayan yang membutuhkan dukungan. Program ini diharapkan mampu membangun semangat gotong royong dan peduli kepada sesama.

Keempat, pembagian 380 alat semprot, 100.000 masker, 10.000 face shield yang akan dibagikan kepada masyarakat melalui 38 Kwartir Cabang se Jawa Timur. Program ini masih terkait dengan upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Meskipun jumlah pasien sembuh di Jawa Timur mengalami peningkatan, namun upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai dan penyebarannya harus terus digalakkan.

Sebelumnya Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur telah melaksanakan aksi Pramuka Peduli Covid-19 dengan pembagian 4.200 paket bahan pangan, 5.000 masker, dan penyemprotan disinfektan di masyarakat yang tersebar di 38 Kwartir Cabang se Jawa Timur.

“Berbagai arahan itu akan segera dilaksanakan. Hal ini sekaligus sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pramuka tahun 2020,” pungkas Ketua Kwarda Jatim Kak Saifullah Yusuf, yang akrab dengan panggilan Gus Ipul ini.

Foto ilustrasi saat pelaksanaan Hari Pramuka ke-58 di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 14 Agustus 2019

Penulis: Achmat Maskurochman

Penyunting: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *