Kwarcab Gerakan Pramuka Bojonegoro Meresmikan Gudep Tangguh Semeru

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bojonegoro meresmikan pangkalan Gugusdepan MAN 2 Bojonegoro sebagai Gugusdepan Tangguh Semeru. Peresmian ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Bhayangkara, Rabu (1/7/2020).

Peresmian Gudep Tangguh Semeru, yang kemungkinan menjadi pertama di Indonesia ini, dilakukan oleh Kapolres Bojonegoro Kak AKBP M. Budi Hendrawan. Kak Budi Hendrawan juga termasuk dalam majelis pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Bojonegoro.

Hadir dalam peresmian itu adalah Kasat Binmas Polres Bojonegoro, Ketua Kwarcab Kabupaten Bojonegoro Kak Nurul Azizah, dan Ketua Harian Kwarcab Bojonegoro Kak Hanafi. Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Bojonegoro, DKC Bojonegoro dan mabigus, pembina dan anggota Gudep Tangguh Semeru MAN 2 Bojonegoro juga hadir.

Kapolres Bojonegoro mengamati produksi masker dan face shield oleh anggota Gudep MAN 2 Bojonegoro

Dalam paparannya, Ketua Kwarcab Bojonegoro Kak Nurul Azizah mengatakan bahwa Gudep Tangguh Semeru ini adalah bentuk sinergi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro dengan Polri khususnya Polres Bojonegoro. 

“Sinergi ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,” kata Kak Nur Azizah. Gugusdepan MAN 2 Bojonegoro ini dipilih oleh Kwarcab Bojonegoro karena merupakan gugusdepan yang siap melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. 

“Gudep MAN 2 Bojonegoro juga menjadi gudep atau madrasah ketrampilan yang bisa memproduksi masker dan face shield oleh anggota gudep. Dengan demikian MAN 2 Bojonegoro bisa masuk standar Gudep Tangguh Semeru,” tegas Kak Nurul Azizah.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli 2020

Kapolres Bojonegoro Kak M. Budi Hendrawan, menyampaikan bahwa semasa kecil sangat aktif ikut berkemah dan latihan pramuka mulai SMP dan SMA. “Materi yang diberikan saat kegiatan pramuka dulu juga ditemuinya saat menempuh pendidikan AKABRI di Magelang. Maka adik-adik harus aktif pramuka,” kata Kak Budi Hendrawan.

Pembacaan Komitmen Gudep Tangguh Semeru MAN  2 Bojonegoro juga dilakukan bersama pada peresmian ini. Komitmen ini terdiri dari empat poin, yaitu:

1. Gudep Tangguh Semeru MAN 2 Bojonegoro siap menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan;

2. Gudep Tangguh Semeru MAN 2 Bojonegoro siap membantu pemerintah untuk membangun kesadaran secara kolektif kepada seluruh warga negara untuk mematuhi pentingnya protokol kesehatan dalam rangka penyebaran Covid-19;

3. Gudep Tangguh Semeru MAN 2 Bojonegoro siap beraktifitas secara produktif dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan protokol kesehatan;

4. Demikian komitmen kami, semoga Allah SWT melindungi niat baik kami.

Pada Peresmian Gudep Tangguh Semeru ini juga ditandatangi piagam penghargaan untuk Gudep Tangguh Semeru. Piagam itu diserahkan kepada Kamabigus MAN 2 Bojonegoro Kak Khoirrussalim. Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro Kak Nurul Azizah juga memberikan piagam penghargaan kepada Kapolres Bojonegoro Kak M. Budi Hendrawan.

Reporter: Said Edy Wibowo

Editor: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *