Pramuka Kota Malang Bedah 7 Rumah di Kedungkandang

Sekitar 100 pramuka Kota Malang mengikuti bedah rumah tidak layak huni di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Minggu (26/7/2020).  Mereka adalah pramuka penegak dan pramuka pandega dari unsur dewan kerja cabang, dewan kerja ranting, satuan karya pramuka, Brigade Penolong 1332 serta perwakilan gugusdepan. 

Hadir juga anggota dewasa dari unsur andalan cabang, pembina gugusdepan dan anggota korps pelatih pembina pramuka cabang Kota Malang. Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang Kak Heri Sunarko memimpin aksi bedah rumah itu.

Dalam sambutannya saat apel di GOR Ken Arok, Kedung Kandang, Kota Malang, Kak Heri menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas kesediaan dan kerjasama seluruh anggota pramuka Kota Malang yang hadir berpartisipasi, khususnya adik-adik pramuka penegak dan pramuka pandega. 

Tim bedah rumah saat pembagian kelompok

Kak Heri berharap, partisipasi anggota Pramuka Kota Malang yang tergabung dalam tim bedah rumah Kwarcab Kota Malang mampu mengangkat citra dan nama baik Gerakan Pramuka di kalangan masyarakat. 

“Kehadiran kita semua di tengah-tengah masyarakat, membantu masyarakat yang kurang mampu, dengan segenap daya dan tenaga, adalah wujud eksistensi Gerakan Pramuka di masyarakat,” kata Kak Heri Sunarko.

Ketua Kwarcab Kota Malang yang juga pelatih pembina pramuka di Kota Malang itu menyatakan bahwa partisipasi pada aksi sosial itu merupakan wujud pengamalan darma bagi kita sendiri. 

Pramuka Kota Malang bersama masyarakat setempat bersama-sama menyiapkan rumah tidak layah huni yang akan dibedah menjadi rumah layak huni

“Laksanakan dengan penuh semangat, keikhlasan dan tanggung jawab. Selama pelaksanaan kegiatan agar tetap menjaga manajemen resiko keselamatan dan patuhi protokol kesehatan,” tambah Kak Heri Sunarko. Turut hadir mendampingi Kak Heri ialah Ketua Kwartir Ranting Kedungkandang beserta jajarannya.

Giat Bedah Rumah adalah bagian dari kegiatan East Java Green Scout Innovation (EJGSI) 2020 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. Seluruh biaya kegiatan termasuk dana untuk bedah rumah berasal dari Kwartir Daerah Jatim. 

Tahun ini, Kwarcab Kota Malang tahun ini untuk kali pertama mendapat amanah mengelola dana bedah rumah untuk 7 unit rumah. Agar mempermudah koordinasi dan pengawasan, lokasi ketujuh rumah dipusatkan di wilayah Kwarran Kedungkandang. 

Pramuka Kota Malang membantu memindahkan barang-barang dari rumah yang dibedah

“InsyaAllah, amanah ini akan kami laksanakan sebaik mungkin. Semua kegiatan hingga pelaporannya akan kami selesaikan sesuai jadwal,” ujar Kak Heri Sunarko.

Pada hari perdana ini, Minggu (26/7/2020), dilakukan persiapan dan pembersihan lokasi sesudah apel. Selanjutnya pekerjaan konstruksi akan dimulai Senin (27/7/2020) hingga launching pada akhir September nanti,” pungkas Kak Heri.

Pasca apel pengarahan, seluruh peserta dibagi menjadi tujuh tim dan langsung bergerak ke rumah-rumah yang dibedah. Disana mereka akan langsung bergotong royong dengan warga setempat yang juga turut berpartisipasi untuk persiapan lokasi. 

Beragam aksi dilakukan pada tahap penyiapan lokasi ini. Mulai dari membantu pemindahan perabot rumah target, pembersihan area, dan membantu relokasi sementara penghuni rumah hingga rumah selesai siap kembali dihuni.

Pewarta: M. Rahmadani

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *