Berikut Yang Harus Dilakukan Gudep Ramah Lingkungan Jatim 2020 Pekan Ini

Pekan ini, program Gudep Ramah Lingkungan Jatim 2020 memasuki pekan ketujuh. Program yang merupakan tindak lanjut dari Pelatihan Pramuka Patriot Lingkungan Kwarda Jatim 2020 pada 6 Juli ini mengajak gugusdepan aktif melakukan program lingkungan hidup di saat pandemi COVID-19.

“Hingga Rabu (19/8/2020) pagi, sebanyak 4560 unggahan #gudepramahlingkunganjatim2020 terekam melalui media sosial instagram,” kata Kakak Mochamad Zamroni, Andalan Lingkungan Hidup Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. 

Umumnya unggahan itu merupakan aksi-aksi lingkungan hidup. Ada yang menggunakan akun gugusdepan. “Ada juga yang menggunakan akun-akun pribadi anggota gugusdepan,” tambah Kakak Mochamad Zamroni, yang juga ketua panitia Pramuka Patriot Lingkungan Jatim dan Gudep Ramah Lingkungan Jatim 2020.

Dari semua unggahan yang masuk itu, banyak yang menyertakan data terukur dari hasil aksi yang dilakukan. Banyak juga yang hanya menjelaskan jenis aksi yang dilakukan. “Aksi yang dilakukan juga sangat beragam. Di antaranya tanam pohon, perawatan tanaman, pembuatan lubang resapan biopori, pemanfaatan lahan, dan pengolahan sampah,” jelas Kak Mochamad Zamroni.

Aksi Gudep 04.107-04.108 pangkalan SMPN 2 Balen, Bojonegoro. Foto: instagram.com/spendabapramuka

Lebih lanjut, rencana visitasi lapangan akan dilakukan oleh tim Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur pada pekan kedelapan. Estimasi waktunya sekitar 27-30 Agustus 2020. “Hanya gugusdepan yang menempati peringkat 3 terbaik yang rencananya akan dikunjungi lapangan,” jelas Kak Zamroni.

Pada pekan ini, 19-22 Agustus 2020, sebagai tahapan realisasi Gudep Ramah Lingkungan Jatim 2020, tiap gugusdepan yang dalam 7 pekan sebelumnya melakukan aksi lingkungan diminta untuk melakukan hal-hal berikut:

1. Membuat ringkasan aksi realisasi program Gugusdepan Ramah Lingkungan Jatim 2020 untuk diunggah pada melalui instagram dengan menyertakan tagar (#) seperti pada unggahan sebelumnya. Ringkasan aksi itu menjabarkan kondisi awal lingkungan hidup, isu atau permasalahan lingkungan hidup yang menjadi fokus kegiatan, intensitas aksi lingkungan yang sudah dilakukan, pelibatan anggota gugusdepan, jenis sosialisasi yang dilakukan, dan hasil yang dicapai hingga 7 pekan realisasi sejak 6 Juli 2020;

2. Menyampaikan usulan kandidat anggota pramuka, pembina dan kamabigus terbaik Pramuka Patriot Lingkungan Jatim 2020. Usulan kandidat disampaikan melalui unggahan instagram dengan tambahan tagar (#) #kandidatpramukapatriotlingkunganjatim2020 . Kandidat dilarang mengusulkan dirinya sendiri;

Aksi Gudep SD Muhammadiyah 1 Kedunggalar Ngawi. Foto: Instagram.com/diyanistijono

3. Tiap gudep hanya bisa mengusulkan 1 orang anggota pramuka, 1 orang pembina, dan 1 orang kamabigus. Usulan yang disampaikan harus menjelaskan alasan sedetil mungkin, yaitu aksi-aksi inspiratif dalam pengelolaan lingkungan hidup yang dilakukan oleh kandidat sejak Juli 2020;

3. Tim juri Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur akan menentukan individu terbaik Pramuka Patriot Lingkungan Jatim 2020 dengan 5 kategori sebagai berikut: Pramuka Siaga/Penggalang SD Terbaik Patriot Lingkungan Jatim 2020, Pramuka Penggalang SMP Terbaik Patriot Lingkungan Jatim 2020, Pramuka Pramuka Penegak Terbaik Patriot Lingkungan Jatim 2020, Pembina Pramuka Terbaik Patriot Lingkungan Jatim 2020, dan Kamabigus Terbaik Patriot Lingkungan Jatim 2020. (*)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *