Padhalungan Scout Festival 2020 Jember

Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Jember melaksanakan kegiatan Pandhalungan Scout Festival 2020. Kegiatan yang dilaksanakan pada 27 Agustus – 10 September 2020 ini mengangkat tema “Eksplor Budaya Pandhalungan”.

Kegiatan ini diikuti oleh 14 peserta yang berasal dari penegak dan pandega perwakilan kwartir ranting di wilayah Kwarcab Jember.

“Karena saat ini masih dalam masa pandemi, kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalu google meet dan live streaming akun instagram DKC Jember,” ujar Rizka Febby Rofi’ah, ketua panitia Padhalungan Scout Festival 2020.

Mulai dari technical meeting, upacara pembuka, pemberian materi tentang pengenalan Pandhalungan dan materi peran pramuka dalam budaya Pandhalungan, upacara penutup hingga pengumuman pemenang dilaksanakan secara virtual. 

Rizka menambahkan bahwa Pandhalungan Scout Festival ini adalah perlombaan membuat video tentang budaya Pandhalungan. Para peserta membuat sekaligus mengedit video berdurasi 3-5 menit tentang kebudayaan Pandhalungan di wilayah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jember sesuai kreatifitas mereka masing-masing.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk  memenuhi program kerja DKC Jember, sekaligus rencana tindak lanjut KPDK Jatim 2020,” ujar Rizka. Menurutnya, kegiatan ini juga untuk mengenal budaya yang ada di Kabupaten Jember, yaitu Pandhalungan. 

Para peserta mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Walaupun masih dalam masa pandemi, kita tetap mengasah dan mengembangkan kemampuan dengan teknologi yang ada serta tetap produktif berkarya dengan cara yang sederhana,” ucap Marcellina Ayumi Salfana, peserta dari Kwarran Kaliwates.  

Penulis : Destyan Nico P. 

Penyunting: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *