Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur akan menyelenggarakan Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” di 11 zona yang mencakup 38 kwarcab se Jawa Timur. Sesuai nama kegiatannya, kegiatan bakti Pramuka Penegak dan Pandega Jawa Timur ini akan membuat banyak kampung kelir atau kampung warna-warni melalui bakti fisik pengecatan bangunan rumah warga dan fasilitas umum.

Peserta kegiatan masing-masing zona adalah 1000 orang Pramuka Penegak dan Pandega. Peserta itu berasal dari kwarcab yang termasuk dalam zona itu. Untuk zona Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso, Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar di Temenggungan, Banyuwangi pada 3-6 April 2017.

Untuk zona Lumajang dan Jember, Festival Wirakarya akan dilaksanakan pada 5-8 April 2017 di Rogotrunan, Tompokersan, Lumajang. Untuk zona Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu, Festival Wirakarya akan dilaksanakan pada 10-13 April 2017 di Lebakharjo, Ampelgading, Kabupaten Malang.

Untuk zona Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Magetan dan Ngawi, Festial Wirakarya akan dilaksanakan pada 12-15 April 2017 di Ngantru, Trenggalek. Untuk zona Jombang, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Mojokerto dan Kota Madiun, Festival Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar pada 17-20 April 2017 di Kauman, Jombang.

Untuk zona Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Tulungagung, pelaksanaan Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar pada 19-22 April 2017 di Dandangan, Kota Kediri. Untuk zona Bojonegoro dan Tuban, pelaksanaan Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar pada 24-27 April 2017 di Sumberarum, Dander, Bojonegoro.

Untuk zona Gresik dan Lamongan, Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar pada 26-29 April 2017 di Giri Gajah, Kebomas, Gresik. Untuk zona Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kota Pasuruan, Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar pada 1-4 Mei 2017 di Kali Buntu, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Untuk zona Bangkalan, Pamekasan, Sumenep dan Sampang, Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar pada 3-6 Mei 2017 di Kebon Agung, Sumenep. Untuk zona Sidoarjo dan Surabaya, Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” akan digelar pada 8-11 Mei 2017.

Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” dikemas dalam bentuk bakti masyarakat. Kegiatannya meliputi bakti pengecatan, sosialisasi perilaku hidup bersih sehat, festival dan malam brawijaya. Peserta akan melakukan pengecatan rumah warga. Masing-masing rumah akan dicat oleh 10 orang, yang terdiri dari 5 putra dan 5 putri. Peserta juga melakukan pengecatan fasilitas umum di sekitarnya. (roni)

One thought on “Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *