Masruri Satriyo Kurniawan, Pramuka Siaga Teladan 2019 dari Ponorogo

Pada Apel Besar Hari Pramuka ke-58 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, 14 Agustus 2019, ada dua anak berseragam pramuka tingkatan siaga yang menarik perhatian ribuan pasang mata yang hadir. Masruri Satriyo Kurniawan, diantara kedua anak pramuka siaga itu.

Masruri Satriyo Kurniawan menerima penghargaan sebagai Pramuka Siaga Teladan Nasional dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Penghargaan itu menjadi lebih istimewa karena disematkan langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Daerah Jawa Timur Kak Khofifah Indar Parawansa, yang juga Gubernur Jawa Timur.

“Pertama kali bertemu Gubernur Jawa Timur sekaligus untuk menerima penghargaan Lencana Pramuka Teladan di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Amat sangat bangga,” kata Masruri Satriyo Kurniawan, anggota pramuka yang aktif di Gugus Depan 01-047 pangkalan SD Muhammadiyah Ponorogo.

Kak Eko Setiawan, pembina Gugus Depan 01-047 pangkalan SD Muhammadiyah Ponorogo, menjelaskan bahwa Masruri sangat aktif pramuka. Masruri juga enggan tidak masuk latihan pramuka. “Dia menjadi teladan bagi anggota pramuka lain di gugusdepan dan tempat tinggalnya,” kata Kak Eko Setiawan.

Masruri Satriyo Kurniawan saat menerima penghargaan Lencana Pramuka Teladan dari Gubernur Jawa Timur Kak Khofifah Indar Parawansa

Beragam prestasi lomba Matematika dan Sains dimenangkan oleh Masruri. Diantaranya semifinalis Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se Indonesia ke-12 tahun 2017, finalis Kompetisi Matematika dan IPA Nalaria Realistik tahun 2017, dan Medali Merit Kompetisi Matematika Nalaria Realistik Se Indonesia ke-12 tahun 2017.

Penghargaan lainnya adalah Silver Award Thailand International Mathematical Olympiad Heat Found 2017, Medali Perunggu Olimpiade Matematika Anak Bangsa 2018 Tingkat Jawa Timur dan Jawa Tengah, Silver Award for Outstanding Achievement in Primary 3 – 2019, dan Medali Perunggu Math Logic and Science Chalenge II 2019.

Putra pasangan Miswan dan Sugiyanti ini juga termasuk anak yang mandiri di rumah. “Masruri rajin sholat berjamaah di masjid. Termasuk sholat subuh. Dia juga suka memasak sendiri. Biasanya nasi goreng, mie dan telur,” kata Sugiyanti, ibunya. Masruri juga sudah hafal Al Quran juz 30.

Dalam kepramukaaan di gugus depan, Masruri menjabat sebagai wakil pemimpin barung dan pengurus dewan siaga Gugus Depan 01-047 pangkalan SD Muhammadiyah Ponorogo. Dia juga pernah mengikuti Prestasi Siaga 2017, Prestasi Siaga 2018 dan Persari 2018.

Penulis: Mochamad Zamroni

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *