Kak Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua Kwarcab Sidoarjo 2016-2021

Gerakan Pramuka di Kabupaten Sidoarjo patut berbangga memiliki Kak Nur Ahmad Syaifuddin sebagai Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Sidoarjo periode 2016-2021. Pasalnya, sosok yang menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo ini memiliki kepedulian tinggi terhadap pramuka di Sidoarjo.

Kepedulian Kak Nur Ahmad Syaifuddin pada pramuka juga diwujudkan dengan dukungan anggaran. “Dukungan anggaran pramuka di Kabupaten Sidoarjo terus dinaikkan setiap tahunnya,” kata bapak dari Chulliyatul Murodah, Muhammad Abdul Aziz dan Muhammad Hanif Mubarok ini.

Di bawah kepemimpinannya, Kwartir Cabang Sidoarjo berhasil merampungkan pembangunan Sanggar Pramuka Sidoarjo yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No.35, Kampung Ketel, Kelurahan Sidoklumpuk, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Luasnya 1875 meter persegi.

Gedung Kwarcab Sidoarjo ini cukup mencerminkan markas kegiatan pramuka di tingkat kabupaten. Pasalnya, tidak hanya gedung yang berdiri di sana. Ada pendoponya. Juga ada lahan terbuka yang cukup untuk melakukan kegiatan kepramukaan. Perkemahan skala kecil juga bisa digelar di Kwarcab Sidoarjo ini.

Kak Nur Ahmad Syaifuddin saat memimpin Gerakan Sejuta Biopori Pramuka di Sidoarjo 2017

Brigade Penolong 1315 Kwartir Cabang Sidoarjo termasuk yang aktif memanfaatkan gedung kwarcab ini untuk tempat berlatih. Mereka berlatih setiap hari untuk persiapan atraksi penanganan bencana sebelum tampil pada Parade Senja di Gedung Negara Grahadi Surabaya 17 Juni 2019.

Sanggar Pramuka Sidoarjo yang diremikan penggunaannya pada 31 Januari 2018 ini juga dilengkapi dengan gedung pertemuan yang berada di belakang gedung induk. Kapasitasnya bisa untuk 150 orang.     

Lomba Pramuka Penggalang Tingkat III Kwarcab Sidoarjo juga menjadi agenda rutin tiap tahunnya. “Anggota regu pemenang LT III Kwarcab Sidoarjo mendapatkan fasilitas jalur prestasi untuk masuk ke jenjang sekolah lebih tinggi di Sidoarjo,” sosok kelahiran 15 Oktober 1963 ini

Kak Nur juga membuat Kwarcab Sidoarjo memiliki bumi perkemahan sendiri. “Bumi perkemahan pramuka Sidoarjo dengan luas 4,2 hektar berlokasi di Desa Tanjekwagir, Kecamatan Krembung, Sidoarjo. Tahun 2020 diharapkan bisa rampung proses pembangunannya,” terang Kak Nur Ahmad Syaifuddin. 

Kak Nur Ahmad Syaifuddin menyimpan kenangan manis terhadap pramuka saat masih golongan penggalang SMP dulu. “Saat saya penggalang SMP dulu, saya pernah berkemah di Kandangan, Kediri. Dalam perkemahan itu kami melakukan penjelajahan yang cukup jauh. Sangat berkesan,” kata Kak Nur Ahmad Syaifuddin.

Kak Nur Ahmad Syaifuddin pada pelaksanaan Giat Prestasi Penegak 2017 di Sidoarjo

Di bawah kepemimpinannya, Kak Nur berhasil menjaga keaktifan 18 kwartir ranting yang ada. Keaktifan itu tidak hanya diwujudkan dengan adanya kepengurusan kwartir ranting tapi juga program yang dilaksanakan. “Kami menyediakan subsidi 10 juta rupiah per kwarran di Sidoarjo tahun 2019,” ujar suami dari Turidatus Salimah ini.

Bagi Kak Nur, pramuka berbeda dengan organisasi lainnya. “Pramuka tidak mengenal  perdebatan rumit yang tidak ada ujungnya. Pramuka itu ramainya dalam berkarya. Pramuka selalu ceria dan anti cemberut,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo Kak Nur Ahmad Syaifuddin.

Dia juga sangat setuju bahwa pramuka harus menjadi prioritas pembangunan karakter bangsa. “Pramuka sangat bermanfaat, multietnis, tidak membedakan agama dan kegiatan yang enjoy,” tambah Ketua Kwarcab Sidoarjo yang juga menghadiri Raimuna Nasional 2017 di Cibubur ini.  

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo Kak Suparman mengatakan bahwa Kak Nur Ahmad Syaifuddin sangat aktif menjalankan tugas sebagai Ketua Kwarcab Sidoarjo. “Beliau sangat perhatian pada pramuka. Kak Nur hampir selalu hadir pada setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwarcab Sidoarjo,” kata Kak Suparman. 

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Kak Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua Kwarcab Sidoarjo 2016-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *