Kenzie Rofif Dhaniswara, Pramuka Penggalang Teladan

Semakin tinggi pohon semakin besar angin menderanya. Semakin hebat seseorang, maka semakin banyak cobaan yang harus dihadapinya. Peribahasa itu sepertinya pas bagi Kenzie Rofif Dhaniswara, Pramuka Penggalang Teladan 2019 dari Gudep 01.005 pangkalan SMP Negeri 1 Surabaya.

Pasalnya, selain aktif pramuka di pangkalan sekolah yang berlokasi di Jalan Pacar 4-6 Surabaya, Kenzie juga aktif mengikuti ekstra drum band di sekolahnya SMP Negeri 1 Surabaya. Belum lagi, tuntutan akademis menjadi utama di sekolah yang saat ini dikepalai oleh Kak Akhmat Suharto itu.

Bagi Kenzie, berkemah di Museum MPU Tantular di Kabupaten Sidoarjo adalah momen yang sangat berkesan baginya. Saat pelaksanaan kemah di Museum Mpu Tantular itu, kemampuannya membagi waktu sangat dibutuhkan.

“Kemah dan Pengenalan Koleksi Museum bagi Pramuka Penggalang SMP/MTs se-GERBANGKERTASUSILA pada tanggal 20-22 April 2018 di Museum Mpu Tantular Sidoarjo paling berkesan bagi saya,” kata Kenzie Rofif Dhaniswara, putra pasangan Suwignya dan Ruri Fatmawati ini.

Kenzie Rofif Dhaniswara, pojok kanan belakang, bersama pramuka penggalang teladan dari pangkalan SMPN 1 Surabaya

“Ketika Kemah Museum Mpu Tantular 2018, saya dituntut menghadiri latihan drumb band. Alhamdulillah saya bisa melakukan dua hal itu dengan baik,” ujar Kenzie Rofif Dhaniswara, yang bercita-cita menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia ini.

Berkat kemampuannya membagi waktu itu, tidak ada yang dirugikan. “Pramuka Spensa tidak dirugikan. Drum band juga tidak dirugikan,” terang Kenzie, yang tinggal di Jalan Pakis Sidorejo I/6B ini. Caranya, saat Kemah Museum Mpu Tantular sedang sesi istirahat, Kenzie ijin meninggalkan lokasi untuk meikuti latihan drum band.

Tanda kecakapan khusus pramuka (TKK) yang berhasil diraih Kenzie adalah TKK Menabung, TKK Pendiri Tenda, TKK Penata Meja, TKK Penata Meja Makan, TKK Gerak Jalan, TKK Membaca, TKK Berkebun, TKK Qori’, TKK Adzan, TKK Menjahit, TKK Berenang, TKK PPPK, TKK Penata Rumah, TKK Pengamat, dan TKK Bersepeda.

Bagi Kak Djumiran, pembina Gugusdepan 01.005 pangkalan SMPN 1 Surabaya, Kenzie mempunyai ketegasan dalam sikap memimpin pasukan. “Kenzie disiplin dalam aktifitas di gugusdepan serta bisa membantu administrasi gugus depan. Dia anak yang rajin beribadah tanpa ditegur,” ujar Kak Djumiran.

Beragam prestasi juga berhasil diraih oleh Kenzie selain sebagai pramuka garuda dan pramuka teladan. Diantaranya sebagai Juara 3 Unjuk Gelar Persatuan Drum Band Indonesia Jatim 2017, Juara 1 LBJP Persatuan Drum Band Indonesia Jatim 2017, dan Juara 2 SIBBA Cup Semen Indonesia 2019.

Kenzie juga berhasil menjadi Juara 2 STATION IV SMK Negeri 5 Sby 2018, Juara 3 Giat Prestasi Penggalang Kwarda Jatim 2018, dan Juara 2 Pionering Medan Galang Universitas Adi Buana 2019.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *