Kwarcab Gerakan Pramuka Bojonegoro Percontohan Gudep Tangguh Semeru

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Timur memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Bojonegoro atas inisiasi program Gugus Depan Tangguh Semeru di salah satu gugus depan di Bojonegoro.

Apresiasi itu disampaikan oleh Kwarda Jatim melalui surat tertanggal 2 Juli 2020 nomor: 220/13.00-A yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Kwarda Jatim Kak A.R. Purmadi. Peresmian Gugus Depan Tangguh Semeru di Gugus Depan 01.005-01.006 pangkalan MAN 2 Bojonegoro. Peresmian itu dilaksanakan Kwarcab Bojonegoro bersama Polres Bojonegoro bertepatan Hari Bhayangkara, Rabu (1/7/2020).

Atas apresiasi dari Kwarda Jawa Timur itu, Ketua Kwarcab Bojonegoro Kak Nurul Azizah mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Bojonegoro atas binaannya pada Gudep 01.005-01.006 pangkalan MAN 2 Bojonegoro, beserta segenap pengurus gugus depan tersebut.

“Semoga menjadi pemacu gugus depan lain di Bojonegoro untuk segera membentuk Gugus Depan Tangguh Semeru bekerja sama dengan Polres Bojonegoro sebagai bentuk kepedulian pramuka membantu pemerintah menurunkan penyebaran Covid-19,” ujar Ketua Kwarcab Bojonegoro Kak Nurul Azizah.

Edaran Kwarda Jatim untuk mengajak pramuka di Jatim aktif mencegah penyebaran COVID-19

Sementara itu, Kwarda Jatim juga mengajak anggota Gerakan Pramuka di Jawa Timur secara masif ikut serta berpartisipasi dalam penurunan penyebaran COVID-19 di daerah masing-masing. “Melalui kegiatan yang diselenggarakan Kwarda Jatim, kwarcab, kwarran, dan gugusdepan se-Jawa Timur,” pesan Kak A.R. Purmadi.

Kegiatannya, menurut Kak A.R. Purmadi, bisa dengan membentuk gugus depan tangguh bersama polres setempat. “Bisa dengan sosialisasi kepada warga sekitar mengenai New Normal. Atau membagi bahan pangan, masker, sabun dan handsanitizer kepada masyarakat terdampak,” tambah Kak A.R. Purmadi.

Bentuk kegiatan lain juga bisa dilakukan dengan menggerakkan potensi pembina gugusdepan, dan pramuka penegak/pandega yang tergabung dalam pramuka peduli, brigade penolong atau satuan karya.  

Reporter: Said Edy Wibowo

Penyunting: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *