Bukan Organisasi Politik, Gus Ipul Berharap Ketua Kwarda Jatim Penerusnya Bukan Ketua Partai Politik

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Kakak Saifullah Yusuf, atau yang akrab disapa Gus Ipul, mengatakan bahwa Gerakan Pramuka bukan organisasi politik. Karena itu dia berharap bahwa penerusnya sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur bukan figur yang aktif dalam organisasi politik.

“Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur ke depan harus punya waktu, dan tidak punya urusan lain. Jadi bisa fokus mengurus pramuka di Jawa Timur,” kata Gus Ipul, Senin (14/12/2020).

Gus Ipul menyampaikan harapannya bahwa penerusnya sebagai Ketua Kwarda Jatim bukanlah pengurus yang memiliki afiliasi dengan partai politik. Jangan sampai pramuka dibawa ke urusan politik.

“Jadi pramuka bisa berkembang. Kalau pengurusnya itu pengurus yang juga merangkap pengurus partai politik ini yang repot, pasti pramuka dibawa-bawa ke politik,” tambah Kakak Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, yang telah dua periode menjadi memimpin Kwarda Jatim sejak tahun 2010.

Saat dilantik sebagai ketua, Gus Ipul memang menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, tapi dia tidak terlibat dalam urusan partai politik. Sehingga ia pun bisa fokus mengurus pramuka di Jawa Timur sampai sekarang. Masa jabatan Gus Ipul sebagai ketua Kwarda Jatim akan berakhir Desember 2020 ini.

Pada 15-17 Desember 2020 ini, rencananya Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur 2020 akan diselenggarakan di The Singhasari Resort, Kota Batu. Di antara agenda utama Musda Pramuka Jatim 2020 itu adalah memilih ketua baru pengganti Gus Ipul.

Sejauh ini, ada dua nama besar yang masuk dalam bursa Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur. Mereka adalah Ketua Saka Taruna Bumi dari Jember Kakak Arum Sabil dan Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur yang juga Wakil Gubernur Jatim Kakak Emil Dardak.

Terkait proses pemilihan ketua Kwarda Jatim, Gubernur Khofifah pada Minggu (13/12) telah bertemu sejumlah Ketua Kwarcab Pramuka se Jatim. Pertemuan ini untuk mendengarkan laporan dari Kakwarda berdasarkan hasil diskusi dengan sejumlah Kwarcab.

Mereka sepakat bahwa ketua pramuka yang akan datang tidak sedang menjabat ketua partai politik untuk menghindari konflik kepentingan dan demi keseimbangan. Pemilihan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur sendiri akan digelar dengan cara musyawarah mufakat seperti yang sudah menjadi tradisi Musda Pramuka Jatim. Bukan dengan cara voting atau pemungutan suara.

Penulis: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *