Kakak Saini, Kamabigus Terbaik Gudep Ramah Lingkungan Jatim 2020

Dua tahun berturut-turut, Gugusdepan 01.027-01.028 Pangkalan MTs Negeri 2 Bondowoso berhasil menorehkan prestasi di tingkat Jawa Timur. Pada tahun 2019, gugusdepan yang berlokasi di Jalan MT Haryono 44 Bondowoso ini berhasil menjuarai Lomba Gugusdepan Unggul Jatim.

Pada tahun 2020, gugusdepan ini juga berhasil kembali menjuarai lomba perdana menyoal kepedulian lingkungan hidup antar gugusdepan di Jawa Timur, yaitu Lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan Jatim 2020. Lomba ini diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur pada Juli – September 2020.

Ialah Kakak Saini, S.Ag., M.Pd.I., Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso, yang juga ketua majelis pembimbing gugusdepan (kamabigus), menjadi sosok yang sangat penting di balik kesuksesan gugusdepan ini.

Pria kelahiran 12 Mei 1963 ini memang nampak berpenampilan kalem. Namun, di balik kekaleman penampilannya itu, dia memiliki komitmen tinggi pada dunia pendidikan, kepramukaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Pada Lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan Jatim 2020, saat pandemi COVID-19, gugusdepan yang dipimpinnya melibatkan sekitar 75 orang anggotanya. Gugusdepan ini fokus pada pemanfaatan lahan. 

Aksi pemanfaatan lahan dilaksanakan di beberapa zona sesuai dengan persebaran tempat tinggal para anggotanya. “Aksi lingkungan hidup berkelanjutan gudep kami tidak hanya berpusat di pangkalan madrasah saja. Aksi kami lakukan tersebar,” ujar Kakak Saini. 

Pemanfaatan lahan yang dilakukan di gugusdepan ini tidak hanya yang memanfaatkan tanah sebagai media tanam. “Ada juga aksi kami yang menggunakan air sebagai media tanam, yaitu hidroponik,” kata Kakak Saini.

Gugusdepan ini juga mengembangkan proyek penunjang berupa pengolahan sampah plastik untuk ecobrick dan pengolahan pupuk organik cair. “Sampah plastik yang diolah untuk ecobrick adalah sampah yang dikumpulkan oleh anggota kami dari sekitar gugusdepan dan tempat tinggal masing-masing,” tambah Kakak Saini.

Pada realisasi Gugusdepan Ramah Lingkungan Jatim 2020, Kakak Saini juga turut terlibat aktif sebagai mentor. Kegemarannya budidaya tanaman aglonema dia ajarkan kepada para anggota gugusdepannya. 

“Saya mengundang adik-adik belajar budidaya tanaman aglonema di rumah saya,” kata Kakak Saini. Tanaman aglonema, yang lagi ngehits karena harganya yang bisa mencapai puluhan juta rupiah ini, bisa didapati di tempat Kakak Saini biasa bergiat setiap harinya.

Tanaman aglonema hasil budidaya Kak Saini tidak hanya banyak didapati di rumahnya. “Tanaman aglonema juga banyak saya tempatkan di ruang kerja dan beberapa sudut di madrasah,” tambahnya.

Aksi inspiratifnya ini, sekaligus kegemarannya bercocok tanam dan kepeduliannya pada lingkungan hidup bersama gugusdepannya ini, menjadikan Kakak Saini terpilih sebagai Kamabigus Terbaik Gugusdepan Ramah Lingkungan Jatim 2020. 

Bagi para pembina pramuka di madrasah ini, Kak Saini juga dikenal sebagai kamabigus yang memiliki komitmen tinggi kepada gugusdepan. “Pada saat Giat Prestasi Pramuka Penggalang Jatim di Tulungagung beberapa tahun lalu, beliau hadir memberikan dukungan di lokasi kegiatan,” ujar Kakak Lukman Hanafi, pembina Gudep 01.027 pangkalan MTsN 2 Bondowoso ini.

Penulis: Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *