Kwarda Jatim Canangkan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan 2020

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur mencanangkan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan di Jawa Timur 2020. 7 kwartir cabang yang memiliki bumi perkemahan, yaitu Lumajang, Probolinggo, Madiun, Kota Madiun, Gresik, Sidoarjo, dan Kota Malang mengikuti pencanangan gerakan ini.

Program ini diawali dengan Focus Group Discussion di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Rabu (4/11/2020). 7 kwarcab yang memiliki bumi perkemahan itu hadir dengan beberapa orang utusannya. 

Pencanangan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan di Jawa Timur 2020 selanjutnya ditindaklanjuti dengan aksi penanaman pohon di bumi perkemahan ketujuh kwarcab itu. 

Di Kabupaten Lumajang, Wakil Bupati Lumajang, yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lumajang, Kakak Indah Amperawati memimpin penanaman pohon di Bumi Perkemahan Glagah Arum, Jumat (20/11/2020).

Pencanangan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan di Buper Purabaya, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun

Hadir pada aksi perdana itu dari Waka Humas, Abdimas dan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kakak Prof. Suyatno. Sekretaris Kwarda Jatim Kakak Bambang Suyanto juga hadir pada aksi tanam pohon di Kabupaten Lumajang ini.

Di Bumi Perkemahan Ngrowo Bening Kota Madiun, Wali Kota Madiun yang juga Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Madiun Kakak Maidi memimpin aksi tanam pohon dan pencanangan ini, Senin (23/11/2020). 50 pohon matoa ditanam pada aksi yang dihadiri oleh Kakak Prof. Suyatno dan Kakak Bambang Suyanto ini.

Di Bumi Perkemahan Kwarcab Sidoarjo di Desa Tanjek, Kecamatan Krembung, aksi penanaman pohon dipimpin oleh Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo Kakak Suparman. Wakil Sekretaris Kwarda Jatim Kakak Adie Kurniawan dan Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kakak Mochamad Zamroni mengikuti aksi tanam pohon ini. 

Ketua Panitia Pencanangan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan Jawa Timur 2020 Kakak Bambang S.W. menjelaskan bahwa gerakan ini untuk menjadikan bumi perkemahan di Jawa Timur sebagai paru-paru Jawa Timur.

Pencanganan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemah di Buper Kwarcab Sidoarjo

“Bumi perkemahan itu diharapkan akan menjadi wahana edukasi alam terbuka bagi masyarakat sekitar,” ujar Wakil Ketua Binawasa Kwarda Jatim Kakak Bambang S.W. Bumi perkemahan itu selanjutnya diharapkan bisa juga digunakan untuk kegiatan non kepramukaan.

Satuan Karya Pramuka (Saka), menurut Kakak Bambang S.W., diharapkan bisa memanfaatkan bumi perkemahan itu untuk pengembangan krida. “Saka Taruna Bumi dan Saka Wanabakti, misalnya, bisa melakukan usaha pembibitan tanaman di bumi perkemahan itu.

Bumi perkemahan di Jawa Timur selanjutnya juga diharapkan bisa mengembangkan wisata daerah masing-masing. “Pengelolaan bumi perkemahan tentunya harus bagus untuk mendukung wisata daerah ini,” tambah Kakak Bambang S.W.

Dengan bumi perkemahan yang rimbun akan menjadi upaya nyata bagi Gerakan Pramuka di Jawa Timur untuk mencegah semakin memburuknya pemanasan global dan perubahan iklim. Bahaya banjir dan juga tanah longsor akan bisa diminimalkan terjadi dengan gerakan penghijauan ini.

Penulis: Zamroni

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *