Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Kediri Semarakkan Bulan Bakti Saka 2020

Dalam rangka menyambut Hari Saka Wanabakti ke-37 dan Saka Kalpataru ke-7, Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Kediri melaksanakan aksi penanaman pohon, perawatan tanaman, dan pembagian masker. 

Aksi sebagai bagian dari Kegiatan Bulan Bakti Saka itu mereka gelar di Kawasan Hutan Simpenan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Minggu (13/12/2020).

“Selain untuk menyemarakkan bulan bakti, kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga dan melestarikan ekosistem yang ada,” kata Kakak Khafid Maulana, Dewan Saka Kalpataru Kediri.

Penanaman pohon dalam rangka Bulan Bakti Saka 2020 di Kediri

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan untuk menyadarkan seluruh anggota pramuka agar selalu menjaga dan melindungi sumber daya alam di sekitar kita.

Kegiatan aksi ini berkolaborasi dengan beberapa pihak, seperti masyarakat, beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Kediri, dan pengelola cagar alam hutan Manggis Puncu. 

“Masyarakat sekitar mendukung penuh kegiatan ini. Beberapa komunitas juga turut serta dalam pengadaan benih pohon. Selain itu, pengelola cagar alam hutan Manggis turut antusias terhadap kegiatan bakti tersebut,” kata Kak Moh. Anshori, Ketua Dewan Kerja Cabang Kediri.

Kak Moh. Anshori juga menyampaikan bahwa kegiatan bakti ini sebagai wujud bakti pramuka kepada masyarakat dan alam sekitarnya. Beberapa rangkaian kegiatan bakti terlaksana dengan sukses dan lancar. Seluruh peserta dan pihak yang berpartisipasi tetap menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan masker.

Aksi menanam pohon untuk meningkatkan semangat peduli lingkungan dan hutan

Kak Juaini, Andalan Cabang Urusan Saka Kwarcab Kediri menyampaikan bahwa setelah kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat anggota pramuka agar lebih peduli terhadap lingkungan dan hutan yang ada.

“Dengan kegiatan bakti ini, semoga menjadikan anggota pramuka lebih eksis pada isu-isu lingkungan, gemar menanam pohon, juga gemar menanam kebaikan yang tumbuh menjadi keberkahan,” kata Kak Juaini.

Penulis : Silvi Nuryana

Penyunting: Zamroni

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *